Kemenag Malteng Bagi Hewan Qurban 97 Ekor Sapi dan 36 Kambing
Kayum Ely
19 Jul 2021 20:15 WIT

Kemenag Malteng Bagi Hewan Qurban 97 Ekor Sapi dan 36 Kambing

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah (Kemenag Malteng) bagi hewan Qurban sebanyak 97 ekor sapi dan 36 ekor kambing pada pelaksanaan perayaan Idul Adha 1442H/2021M tahun ini. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Kemenag Malteng M. Hanafi Rumatiga  saat memberikan keterangan di ruang kerjanya, Senin 19 Juli 2021.  

Menurutnya Kantor Kemenag Maluku Tengah dalam menyambut Idul Adha Tahun ini melaksanakan beberapa Kegiatan terkait Pelaksaan Idul Adha 1442 H/2021M. 

"Untuk Kantor Kemenag Maluku Tengah sendiri tahun ini menyiapkan 8 Ekor Sapi dengan rincian 4 dari DWP Kemenag dan 4 dari ASN Kemenag. Sedangkan 89 ekor sapi dan 36 ekor kambing adalah kontribusi dari satker di bawah Kemenag Malteng yaitu Madrasah dan KUA. Kesemuanya itu akan di salurkan kepada masyarakat yang berhak menerima, terutama kepada mereka yang terdampak Covid-19," ujarnya.  

Rumatiga juga menyampaikan khusus di Maluku Tengah semua Masjid-Masjid dapat melaksanakan Shalat Idul Adha 1442/ H dengan tetap mengutamakan protokol Kesehatan (Prokes) yaitu menggunakan masker, membawa sajadah masing-masing,  menjaga jarak,  yang telah di anjurkan oleh pemerintah. 

Untuk Pelaksanaan penyembelihan Hewan Qurban, orang nomor satu dijajaran Kemenag Malteng ini menganjurkan, untuk masing-masing panitia penyembelihan di masjid-Masjid agar dapat membagikan sendiri hewan Qurban ke rumah masyarakat, supaya tidak terjadi konsentrasi massa pada titik tertentu.  

"Sedangkan untuk pawai malam Taqbiran memang ditiadakan demi menjaga Keamanan dan kenyamanan Pelaksanaan Idul Adha nanti," tandas Rumatiga. 

Sementara Ketua Panitia Qurban 1442 H/ 2021 M  Kemenag Malteng Rahman Sanaky  menyampaikan bahwa telah disebarkan bantuan Hewan Qurban dari Kemenag Malteng pada beberapa titik di antaranya, Dusun Yalhatan Desa Tamilouw,  Kanp. Pahlawan Kel Namaelo  kota Masohi, Kamp. Amahai 2 Desa Haruru Kecamatan Amahai, Kel. Besar Atamari, Kel Kemenag di Kecamatan Tehoru dan nanti rangkaian puncaknya pada saat hari kedua Idul Adha 1442 H/ 2021 M, acara penyembelihan bertempat di Kantor Kementerian Agama Kab Maluku Tengah. (***). 

Dapatkan sekarang

Liputan Malteng, Ringan dan cepat
0 Disukai