Apresiasi Realisasi DBH, Bupati Minta PT Nusa Ina Tetap Dampingi Pemneg Bagi Uang Ke Warga Berhak
Kayum Ely
12 Jul 2021 23:38 WIT

Apresiasi Realisasi DBH, Bupati Minta PT Nusa Ina Tetap Dampingi Pemneg Bagi Uang Ke Warga Berhak

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah mengapresiasi penyelesaian masalah antara tiga negeri di Seram Utara dengan pihak PT Nusa Ina Group terkait realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) kemitraan. 

Hal itu disampaikan Bupati usai mendengar pemaparan Kuasa Hukum PT Nusa Ina, Dani Nirahua soal progres realisasi DBH dengan sejumlah landasan hukum yang mengikat.  

"Saya sudah mendengar apa yang disampaikan pengacara soal realisasi transfer dana bagi hasil dari PT Nusa Ina ke rekening tiga Negeri dan kita apresiasi itu. Namun saya harap juga PT Nusa Ina tetap dampingi Negeri saat proses pembagian uang kepada masyarakat pemilik lahan. Supaya apa, tidak ada pembagian uang kepada masyarakat yang tidak sesuai," harap Abua di Kantor Bupati Malteng, jalan Geser, Kota Masohi, Senin 12 Juli 2021.  

Dia juga mengapresiasi PT Nusa Ina yang telah bersikap kooperatif dengan menyerahkan penyelesaian persoalan kemitraan dengan Negei Kobi, Maneo dan Aketernate kepada pengacara.  

Hal itu agar segala keputusan yang diambil benar benar dilandasi ketentuan hukum yang berlaku.  

Seperti diketahui, baru-baru ini PT Nusa Ina Group yang bergerak di perkebunan kelapa sawit di Seram Utara, Maluku Tengah, menggelontorkan Rp7,9 Miliar kepada tiga Negeri yakni Maneo, Kobi dan Aketernate.  

Uang tersebut merupakan Dana Bagi Hasil kemitraan lahan yang dipinjam pakai oleh PT Nusa Ina untuk perkebunan kelapa sawit.  

DBH tersebut berasal dari 68 bulan yang sempat tertunda realisasi karena klaim lahan pihak-pihak tertentu.  

Namun hal itu telah diselesaikan dengan sejumlah proses panjang yang dimediasi oleh Pemda Maluku Tengah. 

Dapatkan sekarang

Liputan Malteng, Ringan dan cepat
0 Disukai