Berlangsung Tiga Hari, Rakib Sahubawa Buka Pasar Murah Sambut Idul Fitri 1445-H

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID,- Sejumlah kebutuhan pokok dipasarkan dalam gerakan pangan murah (GPM) atau pasar murah yang digelar Pemda Maluku Tengah, Senin 1 April 2024. 

Berlangsung di pelataran Pasar Binaiya Masohi, Pj Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa membuka langsung GPM yang juga dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

GPM itu digelar selama tiga hari, yakni Senin, Selasa dan Rabu (03/04). Penyediaan kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah diantaranya minyak goreng sebanyak 500 Liter, beras 4 ton, gula 500 Kg, bawang putih 100 Kg, bawang merah 100 Kg, cabai keriting, dan tomat. 

Rakib Sahubawa mengatakan, Gerakan Pangan Murah yang terselenggara pada hari ini, bukan hanya sekadar pasar murah biasa, tetapi menjadi komitmen pemerintah meningkatkan daya beli masyarakat, pengendalian inflasi, serta menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang Idul Fitri 1145 Hijriah.

"Untuk itu, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Gerakan Pangan Murah ini. Terutama kepada para pedagang, dan seluruh masyarakat yang hadir untuk mendukung kegiatan ini," kata Sahubawa. 

Dia berharap GPM kali ini dapat memberikan manfaat yang maksimal dan membantu para ibu rumah tangga dalam penyediaan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah. 

"Mari kita bersama-sama menjaga semangat gotong-royong dan berkolaborasi untuk menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Dengan kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, saya yakin kita dapat melampaui berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk dalam pengendalian inflasi," harapnya. 

Kepada Dinas Teknis, terutama Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Sahubawa harap agar dapat terus melakukan pembinaan dan pengawasan sehingga stok maupun kualitas dan harga barang kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi terutama menjelang Idul Fitri Tahun 2024.