oleh

Syiar Qurban, Kemenag Malteng Sumbang 89 Ekor Sapi dan 40 Ekor Kambing

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah Tahun 2020 sekaligus merespon situasi pandemi COVID-19, keluarga besar Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah (Kemenag Malteng), melaksanakan program Syiar Qurban.

Syiar Qurban dilakukan dengan cara menghimpun hewan qurban dari keluarga besar Kemenag Malteng. Baik itu di pihak Kantor Kemenag, DWP Kemenag, KUA, hingga Madrasah.

Alhasil, sebanyak 129 hewan qurban terdiri dari 89 ekor sapi dan 40 ekor kambing terkumpulkan. Dan ratusan hewan qurban itu telah diserahkan pada sejumlah pihak di beberapa Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Dan Alhamdulillah, tahun ini kami memperoleh 89 ekor sapi dan 40 ekor kambing dari Syiar Qurban yang kami gagas,” ujar Hanafi Rumatiga, Kepala Kemenag Malteng, di Masohi, Selasa 28 Juli 2020.

Syiar Qurban yang dilakukan dengan mengumpulkan 129 ekor hewan qurban itu merupakan program perdana yang dilakukan Kementrian Agama Malteng dibawa kepemimpinan Hanafi Rumatiga.

“Ini program baru pertama kali kita jalankan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah dan merespon dampak wabah COVID-19. ini kita juga mendadak, maka yang terkumpul baru sejumlah itu. Kedepan kami rancang secara matang, sehingga, 2021 target sapi yang kita himpun minimal sebanyak 150 ekor,” tandas Rumatiga.

Hewan qurban tersebut Kata Rumatiga, disebar pada hampir semua Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Dan kami dari Kantor Kemenag sudah lakukan penyerahan secara simbolis di beberapa tempat. Yakni diantaranya, Negeri Wailulu Kecamatan Seram Utara Barat, Negeri Yanuelo, Dusun Meu, Dusun Ampera, Kecamatan Amahai, Dusun Namasula, Negeri Telutih Baru Kecamatan Tehoru, dan kompleks Pahlawan, Kecamatan Kota Masohi. Selebihnya untuk penyerahan di Kecamatan lainnya itu kami serahkan langsung kepada Madrasah untuk menyerahkan hewan qurban ke pihak yang berhak,” jelasnya.

Dia berharap dengan Syiar Qurban yang dilakukan dapat mengisi Hari Raya Qurban di tahun 2020 ini dengan penuh hikmah dan sekaligus sebagai bagian dari memenuhi kebutuhan daging Qurban bagi yang berhak ditengah pandemi COVID-19.

Komentar