oleh

Tuasikal Panen dan Tanam Padi Varietas Unggul di Seram Utara

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Di sela kunjungan kerja dalam rangka pemantauan penanganan COVID-19 di Wilayah Utara Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Tuasikal Abua berkesempatan melakukan panen padi varietas unggul, jenis Inpari IR Nutri Zinc di atas lahan seluas 1 hektare milik Qomar Z Petani Desa Waiasih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kamis 9 Juni 2020.

Dalam kegiatan panen tersebut, Bupati Tuasikal Abua didamping Sekda Rakib Sahubawa, Kadis Pertanian H Slamat, Camat Seram Utara Timur Kobi.

Padi varietas unggul, jenis Inpari IR Nutri Zinc  yang dipanen itu diperkirakan mampu menghasilkan 500 – 600 ton beras kualitas baik.

Kepada wartawan di sela kegiatan itu, Bupati mengapresiasi keuletan Petani Sawah Desa Waiasih dan Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. Pasalnya, ditengah Pandemi Virus Corona sedang melanda dunia, namun petani tetap ulet melakukan aktivitasnya sehingga tidak menganggap hasil panennya.

Secara tidak langsung sambung Tuasikal, petani Seram Utara telah berkontribusi memastikan roda ekonomi, aktivitas kerja petani tetap berjalan juga memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat di Malteng terutama ketersediaan beras.

Dikatakan, Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia kurang lebih 4 bulan terakhir telah mengakibatkan banyak permasalah terjadi termasuk melumpuhkan dunia kerja masyarakat banyak warga kehilangan pekerjaan serta lain sebagainya.

Namun faktanya, produksi pertanian terutama beras yang dilakukan panen perdana itu tentu adalah wujud dari keuletan dan semangat kerja yang tinggi, sehingga meski harus melakukan penyesuaian dengan protokol kesehatan namun aktivitas petani tetap berjalan dan akhirnya menuai hasil yang membanggakan saat ini.

“Ini langkah yang sangat baik, petani lainnya perlu mencontohi sikap pak Qomar dengan kelompok taninya yang tetap ulet melakukan aktivitas kerja ditengah dunia sedang terhimpit kesulitan akibat dihantam cobaan Virus yang mematikan saat ini. Tentu ini akan mendorong ketersediaan pangan serta memastikan jalanya roda ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Bupati memastikan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, akan terus mendukung usaha petani dalam menyediakan bahan pangan bagi masyarakat luas.

“Kami pastikan Pemerintah akan terus mendorong usaha pertanian di wilayah ini, terutama aktivitas petani sawah, mulai dari memastikan ketersediaan pupuk serta dukungan bantuan lainnya,” pungkas Bupati.

Komentar