oleh

Soal Pencalonan KPN Saleman, Komisi Satu Ingatkan Bupati Malteng

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Komisi I DPRD Maluku Tengah (Malteng) mendukung proses pencalonan Kepala Pemerintah Negeri (KPN) Saleman, Kecamatan Serut Barat, yang saat ini tengah berlangsung dan sementara menunggu keputusan Bupati untuk melantik KPN Saleman yang baru, berdasarkan hasil musyawarah Mataruma Parentah Negeri Saleman.

Namun demikian, Komisi I ingatkan Bupati Malteng, Tuasikal Abua, untuk memastikan proses pencalonan KPN Saleman tetap sesuai dengan aturan, sebelum memutuskan untuk melantik KPN Saleman yang baru.

Selain itu, Komisi I juga ingatkan kondisi disintegrasi sosial dan dualisme pemerintah yang terjadi di Saleman beberapa tahun silam, tidak terulang di tahun ini.

“Kami berharap, kondisi di Saleman tidak terulang seperti beberapa tahun lalu. Bupati harus pastikan proses Raja (KPN) tidak menimbulkan masalah lagi. Segala proses Raja yang berlangsung kita dukung jika itu sesuai dengan mekanisme,” kata Ketua Komisi I, Zeth Latukarlutu, disela RDP masalah pencalonan KPN Saleman yang digelar Komisi I bersama Saniri Negeri Saleman, Pihak Kecamatan Serut Barat dan Tatapem, berlangsung di Ruang Banggar DPRD Malteng, Masohi, Selasa, 30 Juni 2020.

Sehari sebelumnya, Komisi I telah mendengar aspirasi yang diutarakan Aliansi Pemuda dari Negeri Saleman.

Mereka meminta musyawarah mataruma parentah tentang usulan Calon KPN Saleman dibatalkan dan diminta lakukan musyawarah ulang.

Namun, setelah Komisi memastikan prosedur usulan calon KPN Saleman berdasarkan regulasi dalam RDP tadi, Komisi I hanya meminta Bupati Abua untuk memastikan aspek sosial terpelihara dalam hidup orang basudara di Negeri Saleman selama proses pencalonan selesai hingga pelatikan KPN Saleman yang baru.

“Tolong sampaikan ke Pak Bupati, kalau ada penjabat yang bertugas satu minggu atau satu bulan (isi kekosongan KPN Saleman) dan proses mediasi masyarakat di sana, harus dilakukan dengan baik supaya terjadi pelantikan Raja, siapa saja yang dilantik tidak ada menimbulkan masalah di bawah. Saudara kita yang ada di Saleman dalam proses ini (KPN) tidak lagi menimbulkan keretakan yang ada di sana (Saleman),” harap Latukarlutu.

Sebagai informasi, saat ini proses usulan Calon KPN Saleman yang Definitif berdasarkan hasil musyawarah Mataruma Parentah telah disampaikan kepada Bupati Abua, selanjutnya diterbitkan SK Pelantikan KPN untuk periode enam tahun kedepan.

Dan Muhammad Ali Arsyad Makatita, mantan Raja Saleman, dipercayakan kembali oleh Mataruma Parentah memimpin Negeri Saleman untuk masa jabatan berikutnya.

Komentar