oleh

Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Malteng, Merupakan Pelaku Perjalanan Dari Namlea

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Per tanggal 28 Mei 2020, Pasien positif COVID-19 di Maluku Tengah (Malteng) berdasar hasil konfirmasi PCR bertambah menjadi lima kasus. Sebelumnya tanggal 27 Mei pasien positif di Malteng hanya enam, dan dua dinyatakan sembuh.

Lima pasien dirawat itu tersebar di beberapa lokasi. Dua dirawat di RSUD Masohi, satu di RSUD Haulussy, 1 di RST, sisanya jalani isolasi di LPPM Maluku di Ambon.

“Informasi, satu pasien positif tambahan di Rumah Sakit (Masohi),” ujar juru Bicara Gustu Malteng dr. Jeni Adijaya, saat gelar Konferensi pers dengan Awak Media di Masohi, Kamis 28 Mei 2020.

Adijaya menuturkan, pasien yang baru terkonfirmasi positif itu merupakan pelaku perjalanan dari Namlea, Kabupaten Buru.

“Dia sementara dirawat di RSUD Masohi juga. Jadi pasien positif¬† COVID-19 yang dirawat di RSUD ada dua. Yang terbaru itu merupakan pelaku perjalanan dari Namlea. Waktu sementera dalam perjalanan dari Namlea ke Masohi, ia mengeluh sakit dan langsung ke Rumah Sakit,” ulasnya.

Karena merupakan pelaku perjalanan yang kebetulan sakit gejala flu, yang bersangkutan kata Adijaya, dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Karena reaktif, pasien tersebut diSwab dan diuji sampelnya di Ambon melalui alat PCR dan hasilnya dinyatakan positif COVID-19.

“Setelah dirapid positif diusulkan untuk diSwab dan hasilnya positif. Dia sudah 10 hari di Rumah Sakit sebelum tanggal 27,” tandasnya.

Adijaya yang merupakan Kadis Kesehatan Malteng itu kemudian mengungkapkan bahwa, per tanggal 27 Mei, kasus COVID-19 di Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu berjumlah 37 kasus.

“Pasien pasien kita yang kita rawat, terakir per 27 Mei 2020, jumlah total itu 37 pasien. Dari 37 tersebut, ODP 9, PDP 4, konfirmasi 6 dan 18 sudah sembuh,” jelas Jeni.

Komentar