oleh

Malteng Dimasukan Sebagai Daerah Tindakan Disiplin Protokoler Kesehatan

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar memasukan Kabupaten Maluku Tengah sebagai satu dari empat Daerah yang bakal dilakukan tindakan disiplin terhadap masyarakat untuk mematuhi protokoler kesehatan.

“Empat daerah itu mencakup wilayah Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sementara untuk daerah yang belum terpapar agar disiapkan untuk dibuka,” kata Baharudin di Ambon, seperti dikutip dari Media Antara Maluku, Kamis 29 Mei 2020.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolda Djafar saat rapat melalui video konferensi antara pejabat Polda Maluku dan seluruh Kapolres dan Kapolresta dengan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri selaku Kepala Satgas Operasi Aman Nusa II Penanggulangan COVID-19 Komjen Pol Agus Andrianto.

Ia menekankan pentingnya simulasi semua kegiatan yang direncanakan atau dirumuskan dan sosialisasi dengan melibatkan TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Anggota di lapangan tidak melakukan tindakan arogan, apabila ada masyarakat yang melawan agar diberikan penjelasan yang benar,” katanya.

Setiap Polres dan Polresta di jajaran Polda Maluku menentukan daerah mana yang harus menjadi contoh penertiban menuju masyarakat produktif aman dari COVID-19 dengan disiapkan petugas di lokasi-lokasi publik di semua daerah serta membuat protokol penertiban di setiap tempat.

“Untuk maklumat Kapolri dilihat lagi sebab maklumat itu berlaku sama di setiap daerah atau jajaran,” ujarnya.

Baharudin juga mengimbau seluruh jajaran melakukan koordinasi dengan pemda, dalam hal ini Bupati atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam rangka perumusan atau perencanaan terkait dengan mewujudkan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan menuju masyarakat produktif aman dari COVID-19.

Komentar