oleh

KNPI Malteng Minta Bupati Tegas Ke KPN Publikasi Daftar Penerima BLT

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Berbgai opini miring terkait Data penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa yang tidak tepat sasaran semakin ramai diperbincangkan.

Hal tersebut ikut disikapi KNPI Maluku Tengah (Malteng) dengan meminta Bupati Maluku Tengah agar mempertegas Kepala Pemerintah Negeri (KPN) untuk mempublikasi nama-nama penerima bantuan sosial tersebut di papan pengumuman kantor desa masing-masing.

“Kami minta Pak Bupati tegaskan kepada seluruh Kepala Pemerintah Negeri agar nama penerima bansos harus di tempel di papan pengumuman desa masing-masing, agar masyarakat tahu dan dapat ikut melakukan pengawasan,” tegas Said Muhamad Abubakar. SH., Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Investigasi DPD KNPI Maluku Tengah, di Masohi, Kamis 14 Mei 2020.

Dikatakan, hal tersebut harus dilakukan agar tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat. Data tersebut berupa daftar nama warga yang mendapatkan bantuan, kriteria untuk mendapatkan bantuan, dan juga jenis bantuan yang terima.

Selain itu, pria yang akrab disapa Moken ini meminta agar setiap desa memiliki nomor pusat laporan pengaduan masyarakat, sehingga masyarakat dapat memberikan laporan terkait penyaluran bantuan apapun.

“Transparansi mutlak diperlukan demi menjaga kepercayaan publik, terlebih di masa pandemi ini,” ujarnya.

Ditegaskan Moken, aparatur pemerintahan disemua tingkatan mulai dari Camat, KPN hingga RT, harus serius dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih, kata dia, saat pandemi seperti sekrang ini. Isu-isu sensitif hendaknya di sikapi dengan bijaksana.

“kita harus memahami ini adalah isu sensitif yang sering liar di tingkat masyarakat, jangan main-main, KNPI Maluku Tengah pun melalui arahan Ketua DPD beberapa waktu lalu kepada seluruh Pengurus Kecamatan, agar ikut serta mengawal dan mengawasi proses pendataan sampai penyaluran bantuan ini ke masyarakat,” tandasnya.

Dikatakan KNPI akan maksimal guna mengawal dan mengawasi proses tersebut hingga terlaksana secara Adil dan transparan.

Komentar