oleh

Gelorakan Malteng Bebas COVID-19, KNPI Dorong Pemda Terapkan PSTD/K

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Dalam upaya melindungi masyarakat dan memutus penyebaran COVID-19 di tingkat Desa & Kelurahan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI Maluku Tengah) Maluku Tengah mendorong Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah agar segera menerapkan Pembatasan Sosial Tingkat Desa/Kelurahan. Hal ini disampaikan Ahmad El Talaohu, Wakil Ketua Bidang Pembangunan Desa KNPI Maluku Tengah dalam rilisnya.

“Kami melihat implementasi Pembatasan sosial Berskala Regional (PSBR) yang diterapkan oleh Pemda Maluku Tengah beberapa Waktu lalu cukup baik sehingga bisa melemahkan penyebaran virus yang ditandai berkurangnya kasus baru COVID-19 di wilayah Maluku Tengah, olehnya itu, saatnya Pemda memikirkan konsep wilayah bebas COVID-19 yang menurut hemat kami harus dimulai dari tingkat kecil yakni Desa/Kelurahan dengan menerapkan Pembatasan Sosial Tingkat Desa/Kelurahan (PSTD/K) kita tidak bisa dengan posisi bertahan seperti ini, harus berani untuk melakukan langkah langkah strategis dan serius agar kita bisa terbebas dari virus ini,” ujar Pria yang disapa Elton ini.

ditambahkan, dengan terbentuknya Posko penangan disetiap Desa ditambah dengan pola pencegahan yang sudah dilakukan dan didukung adanya disinfektan serta handSanirazer merupakan langkah awal untuk memutus penyebaran COVID-19 di tingkat Desa.

“Selanjutnya pemerintah desa/kelurahan perlu memperkuat dengan memperketat jaluar masuk ke Desa/Kelurahan agar dapat memutus penyebaran COVID-19, sehingga warga masyarakat dan Desa/kelurahan terbebas dari Virus corona,” ucap Elton.

Lanjut Elton, pemerintah harus tegas dalam penerapan Kebijakan PSTD/K ini, misal melarang masyarakat keluar Desa/Kelurahan kecuali untuk kepentingan darurat dan tiap perbatasan desa perlu diadakan razia atau check point begitupun jika ada masyarakat yang tidak memakai masker harus disuruh pulang serta membubarkan kerumunan masyarakat yang tidak memperhatikan physical distancine.

“Kalau ini diterapkan dengan serius maka dalam kurun waktu duaminggu sampai 1 bulan kedepan kami yakin semua desa di Malteng bisa bebas dari corona,” tegas mantan Ketua Ansor Malteng.

Selain itu, dalam impelementasi PSTD/K ini, pemkab Malteng perlu memastikan penyaluran bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat seperti BLT-DD dan lain lain serta menyiapkan alternatif program bantuan kebutuhan pangan kepada masyarakat yang bertujuan membatasi pergerakan masyarakat Desa/Kelurahan.

“Sehingga diharapkan masyarakat tidak keluar rumah bahkan wilayah Desa. disamping itu penguatan medis dengan alat dan pemeriksaan Rapid-Tes juga perlu difikirkan sehingga masyarakat bisa di cek guna memastikan Desa/kelurahan tersbut bebas dari Wabah Corona,” tutup Elton.

Komentar