oleh

Terdakwa Korupsi Kembalikan Uang Kerugian Dana Panwas Malteng

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Terdakwa korupsi Dana Pengawasan Pilkada 2017 Kabupaten Maluku Tengah, Yanti Nirahua, kembalikan dana kerugian ke Kas Negara lewat Kejaksaan Negeri Maluku Tengah (Kejari Malteng).

Pengembalian uang itu dibenarkan Kajari Maluku Tengah, Juli Isnur saat dikonfirmasi Liputan.co.id, Minggu 3 Mei 2020. “Ia yang bersangkutan kembalikan uang kerugian pada rabu pekan kemarin,” kata Isnur.

Dijelaskan, uang yang dikembalikan Eks Sekretaris Panwas Malteng itu berjumlah  400 juta lebih. Jumlah itu merupakan sebagian besar dari kerugian negara akibat tindak pidana korupsi dana Panwas Malteng. Sebelumnya terpidana korupsi pada kasus yang sama, yakni eks Bendahara Panwas Malteng, Jhon Richard Wattimury telah divonis 4 Tahun dan denda 200 juta, pada 2018 silam.

Juli Isnur mengatakan uang yang dikembalikan yanti itu dilakukan lewat pengacaranya Dany Nirahua disaat persidangan kasus tersebut telah masuk tahap pembacaan tuntutan oleh JPU . Uang tersebut kata Isnur langsung disetor ke Kas Negara. “Diserahkan oleh Pengacaranya Dany Nirahua,” ungkapnya.

Sehari setelah serahkan uang, kasus Yanti yang telah mewelati beberapa kali sidang di Pengadilan Tipikor Ambon, dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Malteng dengan tuntutan 1 tahun 3 Bulan kurungan.

Oleh Penuntut Umum, Terdakwa Yanti Nirahua terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi atau turut serta bersama sama melakukan tindak pidana korupsi.

Perbuatan terdakwa itu sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 3 junto pasal 18 undang undang nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor junto undang undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang undang nomor 31 tahun 1999 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Komentar