oleh

Cegah Covid-19, Abua Desak Pemneg Tuntaskan Revisi APBNeg Pekan Ini

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua desak Pemerintah di 189 Negeri, merespon cepat pencegahan penularan corona virus disease 2019 atau Covid-19.

Penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 oleh Pemerintah Negeri (Pemneg), diimplementasikan dengan anggaran Dana Desa yang termuat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negeri (APBNeg).

Bagi Pemneg yang belum revisi APBNeg, Bupati Abua mendesak agar segera dilakukan. Bahkan Abua yang saat ini bertindak sebagai ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Tengah, mengatakan, revisi APBNeg dituntaskan dalam pekan ini.

“Ini situasional, Pemerintah Negeri segara merevisi APBNeg dan itu harus cepat untuk cegah Covid-19 di Negeri. Dinas Pemberdayaan harus memastikan revisi APBNeg tuntas dalam pekan ini,” tegas Abua di Tribun Lapnus Masohi, usai pimpin ratas lintas OPD bahas cegah penularan Covid-19, Senin 30 Maret 2020.

Untuk memastikan realokasi APBNeg berjalan cepat, Tuasikal meminta penyelesaian revisi dibuat di Kecamatan, tidak harus ke Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya instrusikan ke Dinas Pemberdayaan, harus segera. Pemerintah Negeri, tidak harus datang ke Masohi untuk menyelesaikan revisi APBNeg. Tapi cukup ke Kecamatan, supaya segera direvisi. Sehingga, bisa dimplementasi untuk tangani corona virus,” tandas Abua.

Disela itu, Abua kembali menegaskan bahwa, revisi APBNeg hanya berfokus pada kegiatan padat karya dan cegah penularan Covid-19.

Pemerintah di Negeri harus siapkan satu ruang khusus, untuk mengisolasi warga yang baru pulang dari daerah yang terdapat banyak kasus pandemi Covid-19.

“Ruang isolasi di Negeri harus disiapkan. Supaya tidak ada isolasi mandiri di rumah. Jika ada warga yang diisolasi, Pemerintah Negeri wajib beri segala kebutuhan warga yang dikarantinakan. Jika warga yang datang dari luar dan menunjukan gejala sakit, segera dibawa ke puskesmas. Pemneg juga harus beli APD dan yang berkaitan dengan penanganan covid-19, Itu semua disiapkan oleh pemerintah Negeri lewat dana Desa itu,” jelasnya.

Komentar