oleh

Cegah Penularan Covid-19, Bupati Abua Bagikan Masker Gratis

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua pagi tadi, Kamis 26 Maret 2020, bersama sejumlah anggota Forkopimda membagikan sejumlah masker gratis ke warga pedagang asongan dan para calon penumpang di pelabuhan kapal cepat Amahai.

Tidak hanya itu, para penumpang, sopir angkot dan warga pasar Binaiya juga dapat kebagian masker gratis dari Abua.

Dalam pantauan, Liputan.co.id, Abua tidak sendiri dalam pembagian masker gratis tersebut. Pembagian masker itu juga dilakukan sejumlah anggota Forkopimda Malteng diantaranya, Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, Kapolres Maluku Tengah AKBP Hendrik Purwono, Kepala Pengadilan Negeri Masohi Agus Hardianto, dan Dandenpom XVI/2 Masohi Letkol Cpm Hendri sirait.

Terlihat, Kapolres Malteng AKBP Hendrik Purwono, bagikan masker gratis ke salah satu calon penumpang kapal cepat di Amahai. (Photo Kayum/Liputan.co.id).

Para kepala OPD juga turut membagikan masker tersebut. Tidak hanya pembagian masker, Abua juga turut memantau langsung pengukuran suhu tubuh yang dilakukan petugas kesehatan ke calon penumpang kapal cepat yang pada Kamis 26 Maret 2020, beraktifitas bepergian dari Masohi ke Ambon.

Tuasikal Abua berjaket strep hitam dan menggunakan masker saat masuk pasar Binaiya untuk bagi masker gratis. (Photo Kayum/Liputan.co.id).

“Tadi mulai dari pelabuhan Amahai dimana, kami bagi masker kepada penjual asongan, maupun ke penumpang. Kami juga lakukan pengujian suhu badan dan  itu berjalan baik.  suhu badan diukur rata-rata 6,2, mudahan corona ini tidak ada di Maluku Tengah,” harap Abua usai pembagian masker.

Dikatakan ketersediaan masker di Maluku Tengah sudah sangat berkurang sehingga diungkapkan, saat ini Pemda Malteng lewat Dinas Kesehatan telah memesan ratusan ribu lembar masker untuk dibagikan ke masyarakat.

“Ketersediaan masker kita awal, 134 ribu lembar dan sudah berkurang. Kita lagi lakukan pemesanan, minggu ini sudah tiba,” tandas Abua mengungkapkan.

Disela pembagian masker, Abua juga terlihat menyampaikan imbauan langsung kepada warga setempat untuk tetap mawas diri dalam beraktifitas sosial dalam hal ini menjaga jarak. Dia juga mengimbau warga agar tetap berlakukan pola hidup sehat dengan jaga kebersihan dan makan makanan yang berprotein.

“Dalam aktifitas sehari-hari juga saya imbau masyarakat menjaga jarak, juga harus berperilaku polah hidup yang teratur. Masyarakat harus olah raga rutin,  mengkonsumsi makanan yang memenuhi kriteria-kriteria yaitu makan buah protein dan lain-lain,” tandas Abua.

Dia juga menyampaikan bahwa, hingga saat ini Maluku Tengah belum ada perkembangan status ODP dan PDP ataupun pengidap corona virus atau disebut Covid-19  di Kabupaten berjuluk Pamahanunusa itu. “Mudah-mudahan tidak ada pengidap corona virus di Kabupaten yang kita cinta ini. Kami tetap berkomitmen untuk mencegah corona ini masuk di Maluku Tengah,” kata Bupati dua periode itu.

Komentar