oleh

Bantah ada PDP Covid-19 Di RSUD Masohi, Ursulla Sebut Warga Awam Tak Paham

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Direktur RSUD Masohi, Dokter Ursula Surjastuti, sebut tidak ada status pasien dalam pengawasan (PDP) yang berkaitan dengan Corona Virus di RSUD Masohi.

Penyampaian Ursula itu sebagai bantahan terhadap kabar yang beredar di grup WhatsApp yang menyebut bahwa ada PDP di RSUD Masohi.

“Tidak benar… posisi sekarang ODP/ PDP rsu masohi = 0/0,” kata Ursula membalas konfirmasi Liputan.co.id, lewat pesan WhatsApp, tentang pesan yang disebar salah satu pemilik nomor kontak di salah satu grup WhatsApp, Selasa 24 Maret 2020.

Dia juga menyebut, warga awam tak paham terkait bagaimana status ODP dan PDP diberlakukan terhadap seseorang, sehingga warga gampang termakan informasi dan berkesimpulan sendiri terkait penyamatan status orang yang berkaitan dengan corona virus atau covid-19 tersebut. “Orang awam kurang pas pengertiannya tergadap odp/ pdp,” tambah Ursula.

Sebelumnya pada 23 Maret 2020, salah satu pemilik kontak menyebarkan informasi di salah satu grup WhatsApp bahwa satu orang PDP Covid-19 tengah dirawat di RSUD Masohi, tertangkap sedang jalan jalan keluar. Pemilik kontak tersebut kemudian melanjutkan bahwa apa yang disampaikan itu bukan hoax, bahkan dia menyebut sampel PDP itu sudah dikirim ke jakarta dan tinggal menunggu konfirmasi hasil uji sampel.

“Hri ini PDP di RSUD Masohi tertangkap sdng jalan2/keluar tanpa izin dri ruang isolasi. Ini bukan hoax, smpelnya sdh dkrm ke jakarta tnggal menunggu konfirmasi,” kata DA pemilik kontak WhatsApp di salah satu grup WhatsApp.

DA kemudia melanjutkan bahwa warga PDP yang keluyuran diluar lantaran Ruang di RSUD tidak didesain untuk menangani pasien covid-19.

“Maklumlah, kondisi rumah sakit ktng dsni di desain bkn utk antisipasi penyakit smacam covid19. ruangan isolasinya zn ada ac, jdi pasien rasa kapanasang makanya dia kaluar cari angin, bru perawat2 ada istrahat makan siang. Bt tau krna skrng bt posisinya di UGD RSUD Masohi. Jdi ktng smua jaga2 sj, utk keamanan hindari keramaian, jaga jarak aman dgn org. Bila perlu pake masker,” tambah DA.

Begini kata DA yang sudah discreenshot

Komentar