oleh

Abua: Minta Pemneg Proaktif Lapor Kedatangan orang dari Daerah Penularan Covid-19

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Selain mengerakan Organisasi Perangkat Daerah dalam mencegah cepat penularan corona virus di Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, juga meminta Pemerintah di 186 Negeri/Desa proaktif mencegah penyebaran corona virus.

Ia meminta Pemerintah Negeri (Pemneg) mendata dan mengidentifikasi orang yang datang dari luar daerah, apalagi dari daerah yang saat ini terpapar corona virus seperti di Jakarta.

“Saya berharap pemerintah di tingkat Negeri melakukan pendataan bagi siapa saja yang baru datang dari daerah luar. Baik itu mahasiswa, atau orang Negeri yang bepergian yang kemudian datang ke kampung,” kata Tuasikal di Masohi, Sabtu 21 Maret 2020.

Dikatakan, jika ada orang yang berasal dari daerah yang terdapat pandemi Covid-19, kemudian masuk ke Negeri, maka sistim laporannya langsung ke puskemas atau ke Camat. Untuk diambil tindakan pengecekan suhu tubuh. “Ini untuk kita putuskan mata rantai penyebaran covid-19 ini di Maluku Tengah salah satunya adanya dukungan dari Pemerintah Negeri,” tandas Tuasilal.

Dia juga minta Pemerintah Negeri lebih proaktif mensosialisasikan  cara mengenali, dan pencegahan penularan corona virus kepada masyarakat setempat.

Dia juga menegaskan, kegiatan-kegiatan rapat yang melibatkan banyak orang untuk sementara dihentikan. Tidak hanya itu, setiap ada rencana pernikahan oleh warga yang melibatkan banyak kerumunan, diharapkan melaporkan ke pihak kesbang pol atau dinas kesehatan.

“Untuk kegiatan rapat atau sejenisnya saya instruksikan agar dihentikan sementara waktu, dan untuk kegiatan keramaian seperti pernikahan dan Iain-lainnya agar dibicarakan lebih lanjut dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Maluku Tengah dan dinas Kesehatan,” tegas Tuasikal.

Komentar