oleh

Wakili Bupati, Kalauw tekankan Lima hal dalam Forum OPD Disparpemola Malteng

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Asisten II Setda Kabupaten Maluku Tengah, Bahrum Kalauw pada Sabtu 7 Maret 2020, mewakili Bupati Tuasikal Abua, buka Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpemola) Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2020.

Dalam forum itu, Kalauw mengatakan
pembangunan dan pengembangan sektor kepariwisataan, pemuda dan olahraga di Kabupaten Maluku Tengah, telah dijadikan sebagai salah satu sektor unggulan dalam rencana strategis pembangunan daerah.

Atas hal itu  dia berharap pariwisata dapat menjadi kekuatan ekonomi strategis yang dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan  menambah  PAD  dengan  tetap  memperhatikan  dan  memelihara  kelestarian kekayaan budaya daerah serta mengoptimalisasikan peran serta masyarakat dan pemuda.

“Melalui kesempatan penting ini, ada lima  hal yang perlu saya sampaikan dan menjadi perhatian khusus serta untuk dipedomani oleh seluruh peserta rapat,” kata kalau di Hotel OneMai, tempat digelarnya Forum OPD Disparpemola.

Yang pertama kata Kalauw, yakni upaya dan sasaran pembangunan bidang Pariwisata, Pemuda dan Olahraga saat ini harus difokuskan pada pembangunan dan pengembangan destinasi pariwisata, pengembangan promosi pariwisata, pembangunan kemitraan pariwisata dan pembangunan kepemudaan dan olahraga yang mendukung pariwisata.

Kemudian kedua, permasalahan dalam pembangunan pariwisata salah satunya yaitu ketersediaan data dan informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan dalam usulan atau program kegiatan yang tidak hanya bersumber dari APBD Kabupaten tetapi juga dari sumber pendanaan lainnya seperti DAK, APBD Provinsi maupun dukungan dana dari Kementerian terkait, maka sangat diperlukannya informasi dan data yang akurat

“Ketiga, Pentingnya penguatan data aksesibilitas, amenitas dan atraksi sebagai komponen penting dalam perencanaan. Keempat masih lemahnya peran kelembagaan pariwisata yang   sangat mempengaruhi upaya-upaya pengembangan kepariwisataan dan ke lima Perlunya sinkronisasi berbagai konsep pembangunan untuk mengarahkan pembangunan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tengah sehinga pembangunan tidak terkesan bersifat parsial,” tandas Kalauw.

Untuk menjawab berbagai hal tersebut, dia berharap forum OPD tersebut, agar mampu merefleksikan dengan cerdas capaian seluruh program dan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang terkait dengan kinerja dan pelayanan publik serta harus mampu menghasilkan rencana kerja yang terstruktur, terarah serta memunculkan program-program inovatif, ide-ide atau gagasan-gagasan yang besar bagi kemajuan pembangunan kepariwisataan, kepemudaan dan Olahraga di daerah ini demi pengembangan pembangunan dan pelayanan publik yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,”  harapnya.

Selain itu pula, dia mengingatkan pentingnya kontribusi usaha kepariwisataan dalam menunjang kemajuan pembangunan daerah, maka dia berharap kedepannya dapat terbangun kemitraan dan keterpaduan yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat atau para stakeholder pariwisata maupun sinergitas berbagai program pembangunan pariwisata pemuda dan olahraga.

“Menunjang percepatan pembangunan daerah dan kemajuan destinasi wisata di daerah ini yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” tukas Kalauw.

Komentar