oleh

Pasar Hitu Dilahap Si Jago Merah

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Jumat pagi dinihari, sekitar pukul 04:30 wit, tanggal 06 Maret 2020, pasar hitu yang berada di Pelabuhan Hitu Desa Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, terbakar alias dilahap si jago merah. Kebakaran tersebut menghanguskan sejumlah bangunan usaha dan beberapa Ruko milik masyarakat.

Menurut keterangan beberapa saksi yang disampaikan kepada Polsek Leihitu bahwa, sekitar Pukul 04:30 wit beberapa warga sedang memancing di pelabuhan Hitu tiba-tiba api keluar dari salah satu ruko.

Saat itu beberapa warga di TKP berupaya memedamkan api namun karna titik api berasal dari dalam Ruko serta api sangat cepat membakar bagunan Ruko, warga sulit memadamkan api.

Masyarakat saat di TKP disebut sulit memandamkan api karena hanya menggunakan peralatan seadanya.

Kondisi pasar Hitu yang terbakar. Sementara warga setempat berusaha memadamkan api. (Sumber gambar Polsek Leihitu).

Dan pada pukul 08.00 wit api baru dapat dipadamkan. Proses pemadaman juga dibantu tiga unit mobil Pemadam kebakaran yang tiba di TKP pada pukul 07.00 wit. Selain warga, pemadaman api juga dibantu Polisi setempat.

“Kejadian tersebut mengakibatkan korban kebakaran dan kerugian materil yang diperkirakan berjumlah ratusan juta rupiah,” ujar Kapolsek Leihitu IPTU Djafar Lessy, saat dikonfirmasi Liputan.co.id, Jum’at 6 Maret 2020.

Diungkapkan bahwa, kejadian tersebut memakan dua orang korban yang mengalami luka bakar.

“Dua orang alami luka bakar yakni Jafar sidik Ruhunusa, Luka bakar pada kaki bagian kiri dan Abdurahman Waulath. Sementara Ruko yang terbakar ada 14 unit,” jelas Lussy.

Sementara kerugian materil belum dapat diketahui karena Polsek setempat sedang menggali keterangan dari pemilik ruko yang terbakar. “Kerugian belum pasti tapi dugaan sementara diatas 100 juta,” tutup Lessy.

Komentar