oleh

Bupati Tuasikal Tekankan Pemneg buat Profil Negeri

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Pemerintah Negeri diminta untuk membuat atau menuntaskan salah satu administrasi kepemerintahan yakni profil Negeri.

Hal itu disampaikan Asisten I Wem Istia saat mewakili Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, membuka kegiatan update indeks Desa Membangun dan Profil Negeri Tahun 2020 di Kabupaten Maluku Tengah, Rabu 26 Februari 2020 di Masohi.

“Perlu saya sampaikan bahwa, didalam menunjang informasi terkait dengan pembangunan negeri maka ditekankan kepada aparatur pemerintah negeri untuk menyusun profil negeri,” kata Istia membacakan sanbutan Bupati.

Dikatakan dokumen tersebut mempunyai peran yang penting dalam pembangunan desa dan merupakan sumber data akurat mengenai informasi tentang negeri.

“Dan diharapkan profil negeri disusun berdasarkan data dan informasi yang akurat, realistis, logis dan up to date.
Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa telah mengembangkan konsep basis data sebagaimana yang ditunjukkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan profil desa atau negeri,” harapnya.

Dikatakan pendayagunaan data Profil Desa atau negeri diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi negeri serta data tingkat perkembangan negeri sebagai data dasar pelaku pembangunan dalam mendukung perencanaan, pengorganisasian, kegiatan penaggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pelaksanaan evaluasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan negeri dan lembaga kemasyarakatan.

“Sehingga diharapkan dengan adanya informasi yang tersedia didalam profil negeri, dapat mempermudah pemerintah daerah dalam menghitung Indeks Desa Membangun sebagai acuan didalam melakukan penilaian terhadap peningkatan status dari negeri tersebut,” tutup Istia.

Komentar