oleh

Pemuda Difabel Dapat Piagam KNPI Maluku Tengah Award

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat, memberikan penghargaan bagi tiga pemuda dan Pemudi yang berdedikasi kepada Masyarakat dan Daerah meski dengan kondisi tubuh difabel atau keterbatasan fisik.

Penganugrahan itu disebut sebagai KNPI Award yang diserahkan disela upacara Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 Tahun 2019, bertempat di halaman Kantor Bupati Maluku Tengah, Jalan Geser, Kota Masohi, Senin 28 Oktober 2019.

Pantauan Liputan.co.id, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, didampingi Ketua DPD KNPI Maluku Tengah, Abdul Gani Latuconsina, menyerahkan KNPI Award kepada Barauntu Wailissa, Hasna Ngangun dan Hamsah Tokomokan.

Fose bersama usai penyerahan piagam KNPI Award. Dari kanan Barauntu Wailissa, Hamsah Tokomokan, Bupati Tuasikal Abua, Hasna Ngangun dan Ketua DPD KNPI Abdul Gani Latuconsina.

Tidak hanya piagam penghargaan, mereka bertiga juga mendapatkan santunan berupa uang.

Ketiga penyandang difabel itu memiliki dedikasi yang berbeda beda. Wailissa misalnya, meski alami tunanetra sejak kecil hingga dewasa, pada tahun 2004 hingga sekarang, ia dipercayakan memimpin pemuda di Dusun Saptamarga Desa Sounolu Kecamatan Tohoru.

Selanjutnya, Hasna Ngangun, meski dalam keterbatasan fisik, Ia selama 10 Tahun tetap mendarmakan diri sebagai Guru PAUD Sejak lahun 2003 hungga 2012. Tak hanya itu, keterbatasan fisik tidak lunturkan semangat pengabdian Ngangun untuk terus mengabdi. Ngangun saat ini mengabdi sebagai Pagawai Honorer pada Kantor KUA Kecamatan Kota Masohi, sejak Tahun 2012 hingga sekarang.

Dan Hamsah Tokomokan, sebagai difabel, Ia tetap dedikasikan dirinya untuk mengajar di TPA di Daerah kampong Baru sejak tahun 2010 sekarang tanpa imbalan. Ia juga saat ini mengajar sebagai Guru Honorer pada SMP Negeri 2 Masohi sejak tahun 2016 sekarang.

Abdul Gani Latuconsina mengatakan, penghargaan yang diberikan dalam suasana hari sumpah pemuda itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat kaum muda yang tetap ikhlas dalam mendarmakan waktunya untuk masyarakat meski menyandang difabel.

“Pemberian KNPI Award itu, titik awal KNPI membantu Pemda Maluku Tengah, melihat potensi pemuda yang difabel. Saya yakin Pemda tetap melihat mereka dengan kebijakan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, kami kedepan terus bersinergi dengan Pemda melihat hal itu lebih jauh lagi. Salah satunya memberikan penghargaan bagi mereka yang berprestasi di bidang Olah Raga,” tandas Gani Latuconsina.

Sementara itu, Bupati Tuasikal mengapresiasi DPD KNPI Malteng. Kata Tuasikal, walaupun wadah berhimpun Pemuda yang baru seumur jagung dilantik itu, namun telah memberikan perhatian kepada pemuda yang difabel.

“Saya Apresiasi. Pengurus KNPI ini baru, tapi telah memulai sesuatu yang posisitif. Apa yang dilakukan (pemberian penghargaan) KNPI ini tentunya memotivasi lainya untuk tetap semangat mengabdi bagi Daerah ini. Meski dengan keterabtasan,” kata Tuasikal.

Komentar