oleh

Pengurus DPD KNPI Malteng Periode 2014-2017 Resmi Demisioner

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) periode 2014 – 2017 dibawa kepemimpinan Sah Alim Latuconsina, resmi dinyatakan demisioner.

Selesainya masa kepengurusan DPD KNPI Maluku Tengah periode 2014-2017, setelah Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan Latoconsina diterima forum Musyawarah Daerah (Musda) XIV DPD KNPI Malteng, Sabtu petang, 29 Juni 2019 yang berlasung di Hotel Sinar, Kota Masohi, Malteng.

Idealnya kepengurusan KNPI di Bawa Kepemimpinan Latoconsina berakhir tahun 2017, namun dalam penyampaian LPJ, Latoconsina selaku ketua KNPI Malteng, berdalil, Musda ke XIV KNPI Malteng baru digelar karena hampir tiga tahun terakhir sedang digelarnya kontestasi politik baik Daerah maupun Nasional.

“Tanpa terasa dinamika dan persoalan internal KNPI, agenda Daerah (Pilkada Kab) Tahun 2017, ( Pilkada Prov 20 18), Agenda Nasional (Pilpres dan Peleg) 2019, membuat agenda Konstitusional Organisasi yaitu Musda KNPI Maluku Tengah mengalami beberapa kali penundaan yang didasarkan Soal Politik dan Keamanan,” ujar Latuconsina saat sampaikan LPJ.

Suasana Musda XIV KNPI Malteng yang berlangsung di Hotel Sinar Lantai 3, Kota Masohi, Malteng. Sabtu 29 Juni 2019. (Photo Kayum/Liputan.co.id).

Dalam penyampaian LPJ Latuconsina juga menjabarkan secara detil program kerja yang pihaknya laksanakan selama kurang lebih empat tahun terakhir.

Dimana dijabarkan, selama kepengurusan KNPI Malteng dikukuhkan tahun 2014 silam, KNPI Malteng telah menerima Dana Hibah dari Pemerintah Daerah Malteng sebesar 400 juta Rupiah.

Dana tersebut secara tahunan dipertanggungjawabkan kepada Pemerintah Daerah yang sebelumnya dimanfaatkan untuk mensukseskan kegiatan KNPI Malteng selama empat tahun.

Kesempatan itu KNPI saat ini kata Latuconsina, sangat memiliki arti dan nilai yang sangat strategis untuk menentukan Kaderisasi Organiasi, Peran dan Pergerakan Pemuda yang terorganiasir dalam KNPI Maluku Tengah 3 Tahun Ke depan.

Usai penyampaian LPJ yang ditandatangani Sah Alim Latuconsina dan Frangky Haurissa sebagai Ketua dan Sekretaris DPD KNPI Malteng 2014-2017, forum Musda XIV KNPI Malteng menerima LPJ tersebut namun dengan catatan kepengurusan KNPI tiga tahun mendatang harus lebih baik dan terutama memperhatikan KNPI Kecamatan yang tersebar di Maluku Tengah.

“Setelah dengar laporan pertanggung jawaban tadi kami ucapkan terima kasih kepada fungsionaris KNPI Malteng periode 2014-2017 atas kerjanya. Namun perlu ditegaskan bahwa pasti ada kekurangan dan kelebihan. Kami harap pengurus yang terpilih nantinya dapat laksanakan tungas dan tanggung jawab harus dilaksanakan dengan baik. Dan kalau bisa ditingkatkan, Terutama konsolidasi tingkat Kecamatan, kami harap lebih ditingkatkan. Pendapat kami menerima LPJ yang sudah disampaikan,” ujar Saleh Tuahusn, peserta Musda dalam pandangan umumnya terhadap LPJ yang disampaikan.

Musda KNPI Malteng yang ke XIV dimulai sejak Jum’at kemarin dan dibuka langsung oleh PLT Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Malteng, Frangky Wattimena yang mewakili Pemda Malteng.

Musda tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua KNPI Provinsi Maluku Subhan Pattimahu, Sekretaris KNPI Maluku Saul Tuanger dan Ketua OKK KNPI Maluku Soleman Layn.

Komentar