oleh

Brigjen Pol Hasanuddin, Beberkan Jaringan Teroris di Maluku

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku, Brigjen Pol Hasanuddin, membeberkan sel jaringan teroris di Maluku.

Ia menuturkan jaringan teroris yang ada di Maluku memiliki kaitan dengan ISIS, Daulah Islamiah, JN, JI dan JAS.

Hal itu diungkapkan Hasanuddin dalam Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan semangat pancasila sebagai pemersatu bangsa, bertempat di Aula Bhayangkara, Mapolres Malteng Jum’at 1 Juni 2018.

“Perkembangan teroris di Maluku ada dan tersebar di Kota Ambon, Seram Barat, Seram Timur, Maluku Tengah dan Pulau buru. mereka yang tersebar berhubungan langsung dengan Anshor Khilafah Jasirah Al-Muluk (AKJM) dibawa pimpinan Nasarudin Mochtar alias Abu Gar alias Abu Fidah alias Saiful dan Harikatus Syababul Mujahidin Al-Muluk dibawa Pimpinan Bhakti Utomo alias Tomo alias Ayah,” bebernya.

Dikatakan aktifitas mereka sudah dipantau sejak lama oleh polisi. bahkan menurutnya, beberapa waktu yang lalu ada 6 terduga teroris telah diringkus oleh Polda Maluku.

“Dengan adanya undang-undang Terorisme hasil revisi, mereka yang kita curigai dan berhubungan dengan jaringan teroris kita sudah bisa melakukan penahanan dan melakukan penyelidikan,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat Maluku dapat berpartisipasi langsung menangkal teroris. Sebab menurut pria yang pernah menjabat sebagai komandan Detasemen Anti Teror Polda Metro Jaya itu, teroris musuh bersama yang wajib diberantas.

“menangkal teroris dengan cara hindari ciri-ciri intoleransi, fanatik, membedakan diri dari umat islam umumnya. dia hanya mau beribadah dengan kelompoknya sendiri, dan menganggap orang lain itu thogut. Olehnya itu kami juga sangat butuhkan partisipasi masyarakat menangkal teroris dengan proaktif jika temukan aktifitas orang-orang yang mencurigakan dan dilaporkan kepada aparat kepolisian setempatan,” tandasnya.

Dikatakan pula saat ini Polda Maluku sedang mengusulkan ke Polri agar dibentuk satgas anti teror di Polda Maluku. sebagai bagian dari keseriusan polda Maluku untuk berantas terorisme di Provinsi seribu pulau tersebut.

Komentar