oleh

Sembilan Tahun Vakum, Pemilihan Duta Qasidah Islam Tingkat Malteng Kembali Digelar

-NEWS-51 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Sejak Tahun 2009 hingga 2018, festival pemilihan bintang vokalis dan religi Qasidah Islam tingkat Kabupaten Maluku Tengah tak pernah digelar.

Dan baru Tahun 2019 ini, Festival tersebut kembali digelar setelah sembilan tahun vakum.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Islam (LASKQI) Kabupaten Maluku Tengah, Min Ru’ati Tuasikal disela pembukaan festival pemilihan bintang vokalis dan religi tingkat Kabupaten Maluku Tengah, yang berlangsung di alun-alun Mesjid Raya Masohi, Senin Malam, 9 Desember 2019.

“Kegiatan pada malam hari ini adalah kegiatan festival lagu dan religi yang sudah sejak 2009 kita tidak pernah mengadakan seleksi lagi. Alhamdulillah pada malam hari ini mudah-mudahan kita akan mendapatkan para bintang-bintang vokalis yang selama ini terpendam,” ungkap Ru’ati saat beri sambutan sebagai ketua DPD LASQI Kabupaten Maluku Tengah, dalam pembukaan festival tersebut.

Ru’ati mengatakan, kegiatan yang festival sangat strategis itu berguna untuk menyibukan generasi muslimat dan muslimin untuk fokus terhadap syiar Islam.

“Seni budaya bernafaskan Islam dipandang tepat sebagai sarana membentuk akhlak yang akhir-akhir ini harus kita sikapi bersama dan mempunyai ciri khas bahwa seni qasidah mempunyai contoh-contoh yang nyata untuk diteladani dalam sebagai umat Islam melalui seleksi dan budaya yang sekarang ini dilantunkan melalui siaran lagu religi,” tandasnya.

Olehnya itu Ia berharap, Bupati Maluku Tengah dan Pimpinan OPD, agar membantu hidupkan festival tersebut dengan suport anggaran.

Sebab dikatakan, dalam festival itu yang memperlobakan juara seni qasidah berasal dari Kecamatan, tidak dikukuti seluruh perwakilan 18 Kecamatan yang tersebar di Maluku Tengah.

Hal itu karena anggaran LASQI tidak dianggarkan dalam program kerja tingkat Kecamatan.

“Beberapa Kecamatan yang tidak bisa ikut dengan alasan karena tidak ada dana. Mudah-mudahan dengan penyusunan anggaran dana yang akan datang, Bapak Bupati dan Bapak Ibu OPD yang berkaitan bisa memasukkan Dana LASQI di kecamatan,” harap Ru’ati dihadapan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.

Pantauan Liputan, pembukaan festival pemilihan bintang vokalis dan religi dilakukan langsung oleh Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua dengan menabuh rabanah yang merupakan salah satu alat musik dari timur tengah.

Komentar

Loading...