oleh

Delapan Tahun, 65 Persen Temuan APIP Belum Ditindaklanjuti Pemkab Malteng

LIPUTAN,-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mewanti wanti sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Negeri untuk serius menindaklanjuti rekomendasi temuan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Pemkab Malteng dari selang waktu tahun 2010 hingga 2019 yang mengarah ke kerugian Daerah.

Pasalnya, Bupati dua periode itu mengungkapkan, dari 100 persen temuan APIP selama lebih dari delapan tahun, 35 persen sudah ditindaklanjuti sementara 65 persen belum.

Tidak hanya itu, dikatakan, terdapat 17 persen temuan BPK RI yang belum selesai ditindaklanjuti sejak tahun 2006.

“Hasil (temuan) APIP Kabupaten Maluku Tengah yang masih menunggu 65 persen yang belum ditindaklanjuti sejak tahun 2010 dan temuan BPK RI ada 17 persen yang belum selesai ditindaklanjuti sejak tahun 2006,” ungkap Tuasikal disela Rapat Pemutakhiran Data TLHP APIP yang berlangsung di Lantai Tiga Kantor Baplitbangda Malteng, Masohi, 28 November 2019.

Atas hal itu, Bupati akan memastikan sejumlah Pimpinan OPD dan pihak Pemerintah Negeri yang masih belum laksanakan rekomendasi APIP dan BPK untuk secepatnya diselesaikan.

“Yang belum selesai ditindaklanjuti harus diselesaikan untuk menghindari secara dini adanya tumpukan penyelsaian TLHP (Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan), dalam batas waktu sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Bagi pemangku kepentingan di Pemerintahan yang lalai dan tidak serius menyelesaikan tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI dan APIP bakal diberi sanksi.

“saya pastikan akan ada sanksi administratif di bidang kepegawaian, dan khusus untuk rekomendasi yang sifatnya material dan merugiakan keuangan daerah dan/atau Negara, maka tentunya akan ada ancaman sanksi pidana sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Bupati.

Ia juga berharap Sekretaris Daerah dan Inspektur, agar dapat Iebih mengefektifkan pelaksanaan tugas Tim Penyelesaian Kerugian Daerah untuk memproses tuntutan ganti rugi dan menindaklanjuti tuntutan perbendaharaan yang belum selesai ditindaklanjuti.

“saya berharap nantinya kedepan saudara saudara harus mampu melahirkan inovasi-inovasi terbaru dalam pelaksanaan tata kelola TLHP,” tukasnya.

Komentar

Loading...