oleh

Pemerintah Rencana Kembangkan Spot Wisata Air Panas Di Banda Baru

-WISATA-96 views

LIPUTAN,-Jika selama ini kita kenal tempat Wisata Permandian Air Panas di Tulehu Maluku Tengah, kini ada sumber Air Panas di Desa Banda Baru Kecamatan Amahai Maluku Tengah yang bakal dikembangkan sebagai tempat Wisata baru.

Wartawan Liputan saat mencoba panasnya air di lokasi Air Panas Banda Baru, (Kayum/Liputan).

Ditemukan warga beberapa tahun lalu, lokasi Air Panas yang terletak kurang lebih dua kilo meter dari perkampungan Banda Baru, saat ini Pemerintah setempat, telah membuka jalan menuju lokasi tersebut yang sebelumnya jalan menuju lokasi Air Panas masih hutan.

Namun pembukaan jalan yang bersumber dari APBD Malteng 2019 itu masih belum diaspal. Menurut Pemerintah setempat tahun depan ada peningkatan jalan.

La Adi Lakayomo Kepala Desa Banda Baru, yang ditemui Liputan.co.id, Sabtu 23 November 2019, di lokasi Air Panas menuturkan, Air tersebut sudah dimanfaatkan warga setempat sejak lama.

Pancuran Air Panas Banda Baru, (Kayum/Liputan).

Dan kata Adi, beberapa waktu lalu Tim Survei dari Bandung telah melakukan uji Air tersebut dan hasilnya kata Adi, Air tersebut memiliki dampak positif terhadap kesehatan jika dipergunakan untuk terapi ringan.

“Pertama kali kita tanya ke Peneliti bahwa tidak ada dampak negatif. Dan bisa dimanfaatkan untuk terapi yakni merendam badan atau kaki ke dalam Air Panas ini,” jelas Ode.

Suhu Air Panas tersebut berada pada 60 derajat celsius. “Kata peneliti Air ini panas sampai 60 derajat celsius,” ungkap Ode.

Dikatakan, karena Lokasi Air Panas berada di wilayahnya maka, direncanakan Tahun 2020 Pemerintah Desa setempat, akan mengembangkan lokasi tersebut sebagai objek wisata dengan memasukan dalam Musrembang Desa untuk dibangun tempat permandian Air Panas yang berstandar.

“Untuk pengembangan, mudah mudahan Tahun 2020, kita (Pemerintah) menyetujui untuk dimasukan dalam Musrembang Desa,” harap Ode.

Satu dari beberapa sumber Air Panas Banda Baru yang mengalir lewat belahan bambu, (Kayum/Liputan).

Sebagai Pengetahuan saat ini Air Panas dilokasi tersebut hanya mengalir bebas tanpa ada pembangunan disana. Dan masyarakat setempat menaruh bambu belahan pada beberapa sumber air, agar air tersebut mengalir seperti Air pancuran guna dimanfaatkan dengan baik.

Bagi anda yang tinggal di Kota Masohi dan berencana berlibur ke lokasi permandian Air Panas Desa Banda Baru, dibutuhkan kurang lebih 20 menit perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 14 kilo meter baik dengan kendaraan motor maupun mobil.

Komentar

Loading...