oleh

Lomba Kreaktifitas Inovasi Antar OPD Malteng Resmi Digelar

LIPUTAN,-Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, resmi menggelar Lomba Kreaktifitas Inovasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Maluku Tengah.

Sekretaris Daerah, Doktor Rakib Sahubawa, mewakili Bupati Maluku Tengah, resmi membuka lomba, yang berlangsung di Lantai Tiga Kantor Bapplitbangda Maluku Tengah, Masohi, Jum’at 15 November 2019.

Pendaftaran peserta dibuka akhir Oktober 2019 lalu. Dan dari 34 OPD, diluar OPD Kecamatan, hanya 13 OPD yang mendaftar dengan jumlah proposal inovasi sebanyak 21.

Dan secara administrasi, 9 OPD telah dinyatakan lolos oleh Tim seleksi yang berasal dari Lembaga Administrasi Negara dan Universitas Pattimura Ambon.

Sementara pemenang tiga besar sebagai peserta dengan inovasi terbaik nantinya akan diumumkan besok, Sabtu 16 November 2019.

Sekretaris Pemkab Malteng, Doktor Rakib Sahubawa. (Photo Kayum/Liputan)

“Juara 1 akan diberi hadiah 20 Juta Rupiah,” ungkap Sahubawa saat membuka kegiatan tersebut.

Meneruskan penegasan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, Sahubawa mengatakan bahwa, setiap perubahan yang terjadi di internal dan eksternal pemerintahan harus disikapi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sebab organisasi pemerintah pada hakikatnya merupakan organisasi pelayan publik, sehingga harus menggunakan tolak ukur keberhasilannya dari kepuasan masyarakat,” tegasnya.

Kata Sahubawa, Bupati berharap, setiap perangkat daerah perlu membudayakan semangat one agency one innovation (satu instansi satu inovasi).

“Semangat ini sangatlah penting karena berkaitan juga dengan penguatan penyelenggaraan reformasi birokrasi di daerah,” tandasnya.

Sebelumnya dikatakan, maksud dari pelaksanaan Lomba Kreatifitas dan Inovasi tersebut,
merupakan upaya untuk menjaring gagasan unggulan yang inovatif dalam rangka optimalisasi pencapaian target pembangunan daerah.

“Sebagai Langkah strategis dalam menyebarluaskan informasi mengenai upaya-upaya inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ujar Penyelenggara Lomba, La Imran, yang juga merupakan Kasubid Pengembangan, Inovasi dan Tekhnologi, Bapplitbangda.

Imran menambahkan tujuan dari pelaksanaan Lomba Kreatifitas dan Inovasi itu, untuk meningkatkan minat OPD dalam berinovasi dan menciptakan metode ataupun alat baru yang berkontribusi langsung pada pelayanan publik, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan daya saing daerah.

“Dan Meningkatkan pengetahuan dan wawasan OPD tentang perkembangan teknologi dan pemanfaatannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Komentar

Loading...