oleh

Paripurna Penetapan Tatib dan Kode Etik: Bupati Malteng Tidak Hadir, Fraksi Golkar Kecewa

-NEWS-68 views

LIPUTAN,-Fraksi Golkar menyoroti ketidak hadiran Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal, dalam Paripurna penetapan Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Maluku Tengah, periode 2019-2024, Kamis 7 November 2019.

Di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Maluku Tengah, Jalan R.A Kartini, Kota Masohi, Fraksi Golkar mengaku kecewa dengan ketidak hadiran pimpinan Eksekutif tersebut.

Tidak hanya Bupati, Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury, juga tidak hadir. Dalam pantauan, hanya Asisten II Setda Maluku Tengah Bahrum Kalauw, yang hadir mewakili Bupati.

“Kenapa Bupati tidak hadir. Kalau Bupati tidak hadir, minimal Wakil Buapti, ini tidak (hadir). Terus terang Fraksi Golkar Kecewa,” tegas Hassan Alkatiri dalam rapat tersebut sembari mengingatkan bahwa Tatib maupun Kode Etik merupakan pondasi Lembaga Legislatif yang kedudukannya sama dengan Peraturan Daerah.

Dikatakan, Pemerintah harus menjaga hubungan baik dengan lembaga Legislatif. Apalagi kata Alkatiri, lembaga Wakil Rakyat tersebut baru mengawali periode pertama.

“Rambu rambu (Tatib dan Kode Etik) ini harus diketahui saudara Bupati dan Wakil Bupati. Kita baru awal, kita harusnya bangun kemitraan yang harmonis bukan kita diremehkan seperti ini,” tandas Alkatiri.

Merespon Itu, Herry Men Charl Haurissa yang memimpin Paripurna tersebut menggap ketidak hadiran Bupati maupun Wakil Bupati menjadi catatan penting bagi pihaknya sebagai Pimpinan DPRD.

“Bupati dan Wakil sedang berada tugas diluar Daerah. Tapi apa yang disampaikan, sebagai pimpinan menegaskan kepada penyelenggara Daerah bahea DPR tidak main main. Kami tegaskan kepada OPD kami juga tidak main main (meremehkan undangan DPRD),” tegas Haurissa.

Komentar