oleh

HUT Kota Masohi Ke 62, Tuasikal Gambarkan Capaian Pemda

-NEWS-30 views

LIPUTAN,-Per tanggal 3 November 2019, Kota Masohi Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah genap usia 62 Tahun. Meski dirgahayu Kota Masohi jatuh pada Minggu Tanggal 3 November 2019 kemarin, upacara peringatan HUT Kota Masohi digelar Senin 4 November 2019 berlangsung di Lapangan Nusantara Kota, Masohi.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam amanat sebagai Inspektur, Tuasikal menggambarkan berbagai perubahan dan Inovasi telah dilakukan baik di Masohi secara khusus dan Maluku Tengah secara umum.

“Menjadikan Masohi sebagai Kota yang hijau dan Kota bebas sampah. Menjadikan Kota Masohi sebagai pusat Pelayanan tata Pemerintahan dan Pelayanan Publik. Membangun Kota Masohi sebagai Kota Sejarah,” ujar Tuasikal.

Ia juga menggambarkan tentang pertumbuhan Ekonomi dari 5,94 persen pada tahun 2016 menjadi 6,35 persen pada tahun 2018.

“Menurunnya tingkat Kemiskinan dari 21,68 persen pada tahun 2016 menjadi 20,11 persen pada iahun 2019,” jelasnya.

Selain itu dia mengatakan untuk Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan dari 69,54 pada tahun 2016 menjadi 71,25 pada tahun 2018.

Dalam Pantauan Liputan.co.id, Upacara peringatan tanggal lahirnya Kota Masohi yang diremsikan oleh Soekarno 3 November 1957 silam, dimulai dengan penyerahan pataka Pamahanunusa dari sejumlah Negeri adat diwakili Ketua Latupati Yulia Ayakuanne kepada Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.

Penyerahan Pataka Pamahanunusa dari Ketua Silatupati Malteng, Yulia Ayakuane kepada Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,  dalam seremoni Upacara Hut Kota Masohi ke 62 di Lapnus. Senin 4 Oktober 2019.

Hadir dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Maluku Tengah Fatzah Tuankotta, Wakil Bupati Marlatu Leleury. Sejumlah Sejumlah anggota Forkopimda, OPD, Pimpinan Lembaga Agama, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Pendidikan dan Tokoh Masyarakat dan pemuda juga turut menghadiri acara tersebut.

Komentar