oleh

Rencana Tata Ruang Wilayah Malteng Tahun 2011 Kurang Relevan

-NEWS-45 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua memastikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Maluku Tengah, yang disusun Tahun 2011 silam disebut sudah kurang relevan jika ditinjau dari sisi pola ruang dan struktur ruang.

Olehnya itu RTRW Malteng 2011-231 perlu dilakukan revisi atau penyesuaian.

Loading...

“RTRW Maluku Tengah Tahun 2011 sudah kurang relevan dengan perkembangan Pembangunan Maluku Tengah,” ujar Tuasikal saat membuka Expose laporan akhir revisi RTRW, yang berlangsung di Lantai III Kantor Bupati, Senin 16 September 2019.

Salah satu faktor RTRW 2011 yang disebut tidak relevan karena pemanfaatan ruang dan intensitas yang tinggi di beberapa wilayah di Kabupaten Maluku Tengah.

“Perlu disikapi secara cepat dan bijak untuk mengantispasi terjadinya konflik pemanfaatan ruang yang dapat terjadi karena ketidak sesuaian antara pemanfaatan ruang dengan rencana tata ruang,” jelas Tuasikal.

Oleh karena itu ia berharap, melalui Ekpose itu, perubahan dan perbaikan substansi RTRW Kabupaten Maluku Tengah 2011-2031 perlu disikapi dengan baik.

Hal itu harus berdasarkan hasil rekomendasi Pengkajian dan Peninjauan Kembali RTRW Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2018 terhadap struktur ruang dan rencana pola ruang dan berbagal faktor lainnya yang mempengaruhi tata ruang Kabupaten Maluku Tengah, dapat terselesaikan dengan baik dan tepat.

Sehingga dokumen Rancangan Peraturan Daerah Revisi RTRW Kabupaten Maluku Tengah sebagai bagian dari revisi Perda Nomor 01 Tahun 2012 dapat tersusun sebagaimana yang diharapkan bersama.

Komentar