oleh

Paripurna Penetapan Ranperda Dua Kecamatan dan LKPJ 2018 Ditunda

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Ketidak beradaan Bupati Maluku Tegah Tuasikal Abua di Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah, menyembakan dua agenda paripurna yang rencana digelar DPRD Maluku Tengah, Sabtu 14 September 2019 ditunda.

Sesuai jadwal, agenda DPRD yang bakal digelar sabtu malam itu tentang paripurna penetapan Ranperda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tahun anggaran 2018 dan Paripurna penetapan Ranperda dua Kecamatan baru yakni Banda Besar dan Kecamatan Teluk Dalam.

Loading...

“Pa Bupati dan Wakil tidak berada di tempat sehingga paripurna hari ini ditunda,” kata Ketua DPRD Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa, Sabtu 14 September 2019.

Padahal malam itu sejumlah Anggota DPRD dan perwakilan Forkopimda sempat hadir.

Dikatakan Paripurna ditunda hingga jum’at pekan depan. “Sesuai dengan kesepakatan rapat internal tadi,” ujarnya.

Penundaan paripurna tersebut untuk yang ke dua kalinya. Sebelumnya berdasarkan penyampaian Kasubag Humas dan Protokoler Setwan DPRD Malteng Tah Arah Talaohu bahwa rencana Paripurna dua agenda tersebut digelar pada 9 september 2019 lalu.

Meski waktu itu undangan resmi belum sempat dibagikan. Disinyalir penundaan tersebut berkaitan dengan keberadaan Bupati yang tidak berada di tempat.

Seperti diketahui, rapat paripurna tentang penetapan Ranperda Inisiatif dua Kecamatan baru yang digelar pada kamis 22 Agustus lalu telah melewati tahap persetujuan anggota DPRD waktu itu. Namun untuk masuk pada tahap penetapan masih belum dilakukan.

Karena saat itu pemerintah dalam hal ini Bupati belum menyiapkan kata Akhir Bupati atas persetujuan Ranperda tersebut. Dan saat itu memang Tuasikal Abua tidak ada di tempat dan paripurna waktu itu hanya diwakili Sekda Maluku Tengah Doktor Rakib Sahubawa.

Sesuai regulasi, Ranperda dapat ditetapkan setelah Kepala Daerah memberikan pendapat akhir.

Karena itu, Paripurna soal penetapan Ranperda sampai saat ini masih diskors oleh Ketua DPRD Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa.

Komentar