oleh

Ibrahim Ruhunussa Apresiasi Raja Siri Sori Islam

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Raja atau Kepala Pemerintah Negeri Siri Sori Islam, Eddy Pattisahusiwa, semenjak kamis 5 September 2019, jadi permbincangan hangat dikalangan masyarakat Maluku.

Bukan soal penyelenggaraan pemerintahan di Negeri yang terletak di Kecamatan Saparua Timur, Maluku Tengah itu atau soal pengelolaan Dana Desa. Namun, Pattisahusiwa diperbincangkan karena mendapat penghargaan individu setingkat Nasional.

Penghargaan tersebut terkait dengan pemeliharaan literasi kuno. Eddy dinilai pihak Perpustakaan Nasional RI, sebagai individu yang aktif dan berperan serta melestarikan naskah-naskah kuno peninggalan Negeri Siri Sori Islam.

Atas hal itu, Ketua DPRD Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa kepada Liputan.co.id ucapkan selamat dan menghapresiasi Pattisahusiwa.

“Selamat dan sukses buat Raja Negeri Siri Sori Islam dan seluruh masyarakat Negeri Siri Sori Islam,” kata Ruhunussa, saat dihubungi, Jum’at 6 September 2019.

Menurut Ruhunussa, apa yang didekasikan oleh Raja Siri Sori Islam perlu menjadi contoh bagi Negeri Negeri Adat Di Maluku terutama di Kabupaten Maluku Tengah, untuk melestarikan peninggal sejarah Negeri masing masing.

Menurutnya, pelestaruan peninggalan sejarah tidak hanya soal nilai historis yang menggambarkan kehidupan masa lalu. Namun, peninggalan tersebut bisa berguna untuk dijadikan salah satu ikon wisata sejarah pada Negeri masing masing.

Apalagi wisata sejarah itu menggambarkan kepekaan literasi masyarakat jaman dulu.

“Saya kira apa yang dilakukan upu Siri Sori Islam perlu dicontohi Negeri Lain. Dan harus dijadikan motivasi bahwa memelihara peninggalan sejarah, apalagi terkait literasi kuno, ini memiliki nilai yang sangat mahal karena menyangkut dengan semangat generasi dalam melirik kepekaan literasi masyarakat sebelumnya,” jelasnya.

Dikatakan Pemerintah Daerah kedepan harus lebih fokus terhadap pelestarian peninggalan sejarah Kuno disetiap Negeri. “Saya kira kedepan Pemerintah Daerah harus hadir dan mendorong pelestarian peninggalan kuno Di Negeri,” harapnya.

Seperti dimuat Berita Sampit.co.id, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI ) memberikan penghargaan tertinggi berupa Nugra Jasadarma Pustaloka kategori perorangan kepada Raja Siri Sori Islam, Eddy Pattisahusiwa.

Penghargaan tersebut diberikan atas keaktifan dalam peran serta melestarikan naskah-naskah kuno peninggalan Negeri Siri Sori Islam, Saparua, Maluku.

Eddy dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi, dan minat baca di daerah ujung timur Indonesia itu.

Serah terima penghargaan Gemilang Perpustakaan Nasional 2019 dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin di ballroom Jakarta Teater, Jakarta Pusat, Kamis, (5/9/2019) malam.

Loading...
loading...

Komentar