oleh

Ruhunussa Yakin Bupati Tuasikal Sependapat Dengan DPRD

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Tengah, pada Kamis, Sore tadi, 22 Agustus 2019, telah menyetujui rancangan Perda tentang pemekaran Kecamatan Serut Teluk Dalam dan Banda Besar untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat Paripurna.

Meski telah disetujui DPRD dalam Paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Malteng, Kota Masohi itu, langkah penetapan Perda oleh DPRD belum dilakukan, karena menunggu pendapat akhir Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.

Tuasikal tidak hadir dalam paripurna itu karena ada di luar Daerah. Ia hanya diwakilkan Sekda Malteng Rakib Sahubawa. Sehingga, rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Malteng Ibrahim Ruhunussa masih diskors.

Meski begitu, Ruhunussa yakin Bupati dua periode itu bakal sependapat dengan DPRD tentang pemekaran dua Kecamatan tersebut.

“Saya sangat yakin Pa Bupati sama dengan DPRD untuk menyetujui Ranperda ini,” ujar Ruhunussa kepada Awak media, usai skors Paripurna penetapan Ranperda dua Kecamatan baru tersebut.

Ranperda tentang Kecamatan Teluk dan Banda Besar bukan yang pertama masuk kepada tahapan persetujuan DPRD Malteng.

Sebelumnya, Ranperda pemekaran tentang dua Kecamatan tersebut telah disetujui DPRD Malteng pada tahun 2014. Namun, saat itu Pemda Malteng lewat Bupati Tuasikal berseberangan dengan DPRD dengan alasan belum memenuhi syarat.

Ruhunussa mengatakan, saat ini kedua Calon Kecamatan tersebut telah memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi Kecamatan baru.

Namun jika dalam pendapat akhir Bupati Nantinya berseberangan dengan DPRD, Ibrahim Ruhunussa memastikan Ranperda tersebut tetap akan ditetapkan DPRD Maluku Tengah dan menyerahkan kepada Pemerintah Provinsi Maluku.

“Nanti kalau tidak disetujui, kita akan serahkan (Perda) kepada Pemerintah Provinsi selanjutnya Pemprov memanggil DPRD dan Pemda untuk dibicarakan,” tandasnya.

Ruhunussa juga menegaskan Perda inisiatif DPRD tentang pemekaran dua Kecamatan tersebut telah mendapat dukungan Pemerintah Provinsi. “Goodwill jelas, mendukung penuh soal pemekaran Kecamatan Banda Besar dan Teluk dalam,” tukasnya.

Loading...
loading...

Komentar