oleh

Spot Diving Di Maluku Tengah Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi

-WISATA-82 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Berbicara mengenai keindahan alam bawah laut selalu menjadi topik yang sangat seru untuk di perbincangkan. Laut Maluku Tengah merupakan satu dari sebelas Kabupaten/Kota yang tersebar di Provinsi Maluku, termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia bahkan internasional. laut Maluku Tengah memberikan nuansa tersendiri bagi para penyelam.

Berikut ini Liputan.co.id merekomendasikan sejumlah spot atau lokasih diving tersebar Kabupaten berjuluk Pamahanunusa itu untuk dikunjungi, yang dihimpun dari berbagai situs traveling.

Kepulauan Banda

Kepulauan Banda berada sekitar 132 kilometer dari tenggara Ambon, bisa dicapai dengan pesawat dari Ambon atau perjalanan laut selama 7-10 jam.

Kepulauan Banda terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih, perairan jernih, tebing-tebih bawah laut, tak jauh dari daratan bahkan gunung api aktif yang menakjubkan.

Bagi penyelam, kepulauan Banda merupakan surga dikelilingi laut dalam. Spot menyelam cantik tersebar di Pulau Ai, Pulau Hatta, Pulau Banda, Pulau Keraka, Batu Balanda, Sonegat, dan Pulau Lontar. Suguhan pemandangan ikan berbagai jenis dan ukuran, serta terumbu karang warna-warni yang ditemui saat diving akan memberikan pengalaman tidak terlupakan saat menjelajahi dunia bawah laut Banda.

Perairan Banda sangat cantik untuk dijelajahi, dari kedalaman 5 meter hingga lebih dari 20 meter. Apalagi bila sampai berjumpa dengan mahluk legendaris yang menghuni laut dalam Banda, hiu martil.

Pantai Ora

Pantai Ora terletak di Desa Saleman Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah. Pantai Ora memiliki taman bawah laut yang sangat indah.

Pantai yang bersih dan air laut yang jernih, membuat Pantai Ora layaknya kaca karena kita bisa melihat bebatuan karang dari atas.

Pantai Ora memang terkenal dengan keindahan bawah laut, bahkan saking indah banyak wisatawan menyebut Pantai Ora mirip dengan pantai yang ada di Maladewa.

Keunggulan Pantai Ora adalah pasir yang putih bersih, air laut yang berwarna biru kehijauan dan jernih, serta kekayaan terumbu karang dan biota laut.

Untuk bisa melihat keindahan bebatuan karang di Pantai Ora kita tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya menyelam sekitar 2-3 meter saja kita sudah bisa melihat indah surga bawah laut Pantai Ora.

Jika anda hendak bepergian dari Ambon menuju Pantai Ora anda bisa menggunakan jasa kapal Cepat dari pelabuhan Tulehu ke Amahai Seram Maluku Tengah.  Selanjutnya anda bisa mencarter mobil dari Amahai menuju Pantai Ora dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

Pulau 7 Seram

Pemandangan laut di kawasan lautan Maluku memang terkenal indah, termasuk juga Pulau Tujuh.

Pulau Tujuh terletak di Desa Pasanea Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Sesuai namanya terdapat gugusan tujuh pulau kecil di kawasan ini walau kini tersisa enam saja.

Jika anda penyuka keindahan bawa laut dan berkebiasaan diving, Pulau Tujuh merupakan salah satu yang direkomendasikan bagi anda.

Jika hendak menuju Pulau Tujuh dan berangkat dari Ambon, bisa menempuh perjalanan laut menuju Pulau Seram Maluku Tengah, selama kurang lebih 2 jam menggunakan kapal. Dilanjutkan dengan perjalanan  kurang lebih 3 jam menggunakan mobil.

Dikarenakan masih jarang dijamah, terumbu karang yang tumbuh di bawah laut begitu sehat, ada juga anemon yang cukup besar dengan penghuninya si ikan nemo, selain itu terdapat aneka ragam biota laut. Tidak perlu snorkeling terlalu dalam, anda sudah bisa menyaksikan semua keindahan bawah lautnya.

Itu tiga spot diving di Maluku Tengah yang direkomendasikan bagi pelancong yang suka dengan panorama bawah laut.

Untuk diketahui, Maluku Tengah memiliki ratusan spot wisata dan mayoritas tentang pantai. Sehingga dari tulisan ini akan ada episode berikutnya tentang spot diving lainnya untuk dikabarkan kepada anda.

Komentar