oleh

Bantu Pemda, KNPI Malteng Harus Punya Program Pantau Masalah Sosial

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI Malteng harus benar benar bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Kontribusi KNPI bisa lewat program pemantauan masalah sosial seperti mengakses informasi dikalangan masyarakat dari kota hingga desa.

Nantinya masalah yang ditemukan bisa dibuat konsep penyelesaian dan disampaikan kepada Pemerintah Daerah.

Hal itu dikatakan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, saat menerima kunjungan pengurus DPD KNPI Malteng, dibawa Kepemimpinan Abdul Gani Latuconsina, di ruang kerjanya, Masohi, Maluku Tengah, Selasa 30 Juli 2019.

Foto bersama Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua dan Sekda Maluku Tengah dengan sejumlah pengurus KNPI Malteng.

“KNPI harus punya program bantu Pemda untuk memantau masalah yang terjadi di Kecamatan maupun di desa yang belum terpantau oleh Pemda. Misal masalah kemiskinan, masalah kesehatan, pengangguran dan masalah lainnya dan itu dijadikan sebagai masukan kepada Pemerintah Daerah,” kata Tuasikal.

Untuk diketahui Pengurus DPD KNPI Malteng Periode 2019-2022, dibawa Kepemimpinan Abdul Gani Latuconsina rencananya akan dilantik pada 14 Agustus 2019 di Gedung Maeoku Masohi.

Tuasikal berharap, pemuda di Malteng harus terwakili didalam kepengurusan KNPI Malteng dan tetap begandengan tangan serta turut menciptakan Maluku Tengah yang aman dan damai. “KNPI bukan hadir untuk segelintir orang tapi untuk semua. KNPI harus berpartisipasi kedepan. Walaupun Pemda memiliki perangkat dari Ibu Kota kabupaten hingga Desa untuk menyelesaikan masalah, tapi kalau pemudah mau berpartisipasi melihat semua masalah untuk diselesaikan, pasti daerah ini maju dengan cepat,” tukasnya.

Disela itu Tuasikal mengaku akan menghadiri Pelantikan Kepengurusan DPD KNPI Malteng periode 2019-2022 yang akan berlangsung tanggal 14 Agustus mendatang.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI terpilih Abdul Gani Latuconsina mengatakan pihaknya akan siap bersinergi dengan Pemda Malteng untuk mewujudkan Maluku Tengah sebagai Jendela Indonesia Timur.

“Prinsipnya apa yang menjadi wejangan Pa Bupati tadi tetap menjadi pegangan dan yang menyangkut dengan masukan soal program akan kita rumuskan ke dalam program kerja saat Rakerda nanti,” ujar Latuconsina.

Pihaknya juga mengungkapkan akan menghidupkan dialog pemuda yang ilmiah.

“Nantinya Kedepan kami dorong suasana ilmiah bagi pemuda Di Malteng dalam bentuk Dialog Kepemudaan yang akan bersinergi dengan OKP, LSM, maupun Akademisi, sehingga output dari dialog kepemudaan tersebut, menjadi masukan dan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah,” jelas Latuconsina.

Selain itu kata Latoconsina, salah satu program DPD KNPI Malteng yang akan dirumuskan adalah soal entrepreneurship kepemudaan.

“Selain itu, program enterpreneursihp kepemudaan sampai ke tingkat desa juga merupakan sasaran program kami kedepan” ungkap Latuconsina.

Loading...
loading...

Komentar