oleh

Sambut HBA Dan HUT IAD, Kejari Malteng Gelar Nikah Masal dan Khitanan

-RAGAM-53 views

Panitia Hari Bhakti Adhyaksa berkolaborasi dengan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri Maluku Tengah (Kejari Malteng), membantu masyarakat dalam mendapatkan Aktah Nikah lewat nikah masal secara negara atau lebih dikenal dengan perkawinan tercatat.

Selain itu IAD bersama Kejari Malteng juga gelar khitanan Masal. Dua agenda tersebut berlangsung di dua Negeri yakni Negeri Waraka dan Negeri Liang, Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Malteng, Sabtu 20 Juli 2019.

Loading...
Sejumlah pasangan suami istri bersenggama usai dikatakan pasangan suami istri yang sah secara negara oleh Kepala Dinas Dukcapil Malteng Nova Anakotta. Hasil nikah masal yang digelar Kejari Malteng.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 dan HUT XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini 2019.

Sebanyak 43 pasangan dari kristen protestan dan Katolik dinikahkan secara negara di Gereja Ja Sela-Hammahlekoth Negeri Waraka melalui permberkatan oleh Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Malteng Nova Anakotta.

Sebelumnya disaat yang sama Pendeta Etus Leatemia menikahkan 9 pasangan dalam gereja tersebut sebelum dinikahkan secara Negara.

“Banyak yang nikah agama tapi belum nikah secara negara. Sehingga melalui hari bhakti Adhyaksa dan HUT IAD 2019, Kejaksaan membantu meringankan masyarakat di Sini (Waraka),” kata Kepala Kejari Malteng, Robinson Sitorus.

Sementara itu, sebanyak 22 anak muslim ikut dikhitankan di dua Negeri berbeda. 12 di Negeri Waraka dan 10 di Negeri Liang.

Salah seorang anak dikhitan yang disaksikan langsung Kajari Malteng Robinson Sitorus di Negeri Waraka. 

“Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah dua Negeri sudah berikan kami kesempatan untuk gelar kegiatan di tempat ini (Waraka dan Liang). kegiatan yang kami laksanakan ini dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 dan HUT XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini 2019,” ujar Ketua IAD Kejari Malteng Sitorus Chairani Boru Manulang dalam prakatanya sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut.

Salah satu anak yang telah disunat mendapatkan binkisan dari Robinson Sitorus  dan Ketua IAD Kejari Malteng Sitorus Chairani Boru Manulang. Negeri Liang. 

Sebelum dilaksanakan dua kegiatan tersebut, Ketua pengurus IAD dan Kejari Malteng melakukan pembersihan rumah Ibadah baik Masjid Al Jihad dan dua gereja baik Gereja Protestan Ja Sela-Hammahlekoth serta Gereja Katolik ST. Arnoldus Janssen.

Komentar