oleh

Mayoritas Puskesmas Di Malteng Belum Memenuhi Standar Kebutuhan Pegawai

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, mengakui pemenuhan standar kebutuhan pegawai di hampir semua Puskesmas di Maluku Tengah belum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.

Hal itu diungkapakan Tuasikal, saat membuka kegiatan pemutakhiran data sumber daya manusia kesehatan, yang digelar Dinas Kesehatan Maluku Tengah, di Gedung PKK Malteng, Kota Masohi, Kamis 11 Juli 2019.

“Bila ditinjau berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, ternyata sebagian besar Puskesmas di daerah ini (Malteng) masih belum memenuhi standar kebutuhan pegawai,” kata Tuasikal.

Disisi lain Tuasikal mengakui bahwa ada penumpukan tenaga kesehatan pada Puskesmas tertentu.

“Untuk jenis ketenagaan tertentu, pada beberapa Puskesmas justru memiliki sumber daya manusia kesehatan yang melebihi standar yang ditetapkan. Dengan kata Iain, distribusi tenaga kesehatan belum merata di Puskesmas,” ujarnya.

Dia juga mengakui sistim pelaporan di beberapa Rumah Sakit di Malteng belum maksimal.
Hal itu Kata Tuasikal, berdampak pada pemantauan kondisi pegawai.

“Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang klasifitkasi dan perizinan Rumah Sakit. maka untuk jumlah tenaga kesehatan yang ada pada rumah sakit di daerah ini temyata belum mempunyai sistem pelaporan yang optimal sehingga kondisi kepegawaian tidak terpantau dengan baik,” sambunya.

Oleh karena itu Tuasikal menekankan kepada Dinas Kesehatan, pihak Rumah Sakit hingga Puskesmas agar serius dalam memperhatikan jenis pelayanan, jumlah sarana pelayanan kesehatan dan jumlah tenaga kesehatan sesuai dengan beban kerja pelayanan kesehatan yang tersedia.

“Hal ini panting untuk saya kemukakan mengingat Pemerinntah Daerah berkomitmen untuk membangun masyarakat Maluku Tengah yang Iebih sehat, cerdas dan profesionai serta menjadikan bidang kesehatan sabagai salah satu pokok prioritas pembangunan Daerah berdasarkan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2017-2022,” tandasnya.

Loading...
loading...

Komentar