oleh

Dispar Maluku Sosialisasi Raperda RIPP di Malteng

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Guna mendapatkan berbagai masukan pandangan, dan tanggapan yang konstruktif bagi pembangunan pariwisata di Provinsi Maluku.

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku menggelar sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Induk Pembangunan Pariwisata (RIPP) Provinsi Maluku di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), bertempat Hotel OniMai, Rabu 10 Juli 2019.

“Kegiatan sosialisasi ini dibiayai melalui dana APBD Dinas Pariwisata Provinsi Maluku tahun anggaran 2019, dan akan dilaksanakan pada tahap awal di 2 Kabupaten yaitu, Kab. Buru Selatan dan Kab. Maluku Tengah, dan Kab. Malteng menjadi yang Kabupaten ke-2 sosialisasi ini dilaksanakan,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Dispar Maluku Iwan Asikin.

Dikatakan kegiatan tersebut melibatkan Narasumber dari Unpatti sebagai Tim Ahli, Narasumber lokal, dan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, serta melibatkan peserta dari Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tengah dan instansi (OPD) terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Pemerintah Maluku Tengah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Karena secara tidak langsung mengakomodasi dan merespon isu-isu strategis dan perkembangan kepariwisataan secara terintegrasi dan sinergis dalam mewujudkan pembangunan kepariwisataan yang berkualitas, serasi dan optimal sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah,” ujar Asiten II Setda Malteng Bahrum Kalauw saat membuka kegiatan tersebut.

Disela itu Kalauw, mengungkapkan Pemda Malteng saat ini juga menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor andalan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah.

Hal itu, sangat realistis mengingat daerah ini sangat kaya akan potensi sumber daya alam, adat dan budaya, panorama dan keindahan.

“Olehnya itu, dengan menyadari segala potensi pariwisata yang dimiliki daerah ini maka untuk mendukung pembangunan pariwisata, perlu kiranya pembangunan pariwisata di Kabupaten Maluku Tengah dilakukan secara sinergis dengan rencana induk Pembangunan Pariwisata Provinsi Maiuku,” pintanya.

Untuk diketahui dalam sosialisasi tersebut Doktor Roynoldi Papilaya sebagai pembicara utama dan sejumlah perwakilan OPD  lingkup PemKab Malteng serta Pemandu Wisata hadir sebagai peserta sosialisasi.

Loading...
loading...

Komentar