oleh

Digugat Empat Partai Di MK, KPU Malteng Sudah Siap

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Empat Partai Politik mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilu (PHP) 2019 di Mahkama Konstitusi (MK) terkait hasil pemilu legislatif di Kabupaten Maluku Tengah.

Empat partai diantaranya Partai Golkar, Hanura, Demokrat dan dan Partai Bulan Bintang (PBB). Ada sejumlah TPS yang tersebar di Kecamatan Telutih, Kecamatan Leihitu Barat, Kecamatan Leihitu dan Kecamatan Salahutu, yang dijadikan lokus sengketa.

KPU Maluku Tengah saat ini sedang melakukan persiapan untuk menghadapi gugatan di MK dengan mengcover sejumlah dokumen pemilu (alat bukti) yang dimiliki dan hampir rampung. Mulai dari Daftar C7 hingga daftar hadir rekapitulasi hasil Pemilu tingkat KPU Kabupaten.

“Kita masih dalam tahapan penyiapan alat bukti, untuk menghadapi gugatan di Mahkama Kosntitusi,” ujar Komisioner Devisi Hukum, KPU Maluku Tengah, Reza Abdulmudy, saat ditemui Liputan.co.id di ruang kerjanya Kantor KPU Maluku Tengah, jalan R.A Kartini Kota Masohi, Rabu 26 Juni 2019.

Objek dan lokasih Pemilu yang disengketan empat penggugat cenderung variatif dan mirip. Baik terkait Pileg DPR RI, DPRD Maluku dan DPRD Kabupaten Maluku Tengah. “Jadi empat partai (penggugat) ini mereka punya fokus (lokasih) gugatan hampir sama tersebar disejumlah TPS pada Empat Kecamatan. Kecamatan Telutih, Kecamatan Leihitu, Kecamatan Leihitu Barat dan Kecamatan Salahutu,” jelasnya.

Dikatakan selama kurang lebih hampir sepekan KPU Maluku Tengah fokus menyiapkan sejumlah dokumen pemilu yang dipersiapkan untuk menghadapi gugatan di MK. Dalam penyiapan dokumen atau alat bukti oleh KPU Maluku Tengah, juga disaksikan Bawaslu Maluku Tengah dan sejumlah perwakilan partai penggugat.

“Prinsipnya KPU sudah siap. Dan selama beberapa hari kita telah kumpulkan sejumlah dokumen pemilu (alat bukti) untuk hadapi gugatan,” tutupnya.

Komentar

Loading...