oleh

Sepekan, Bawaslu Sidang Empat Perkara Dugaan Pemindahan Perolehan Suara

-NEWS-39 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Selama hampir satu pekan ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), sudah melakukan sidang terhadap empat gugatan pelanggaran administrasi pemilu.

Sidang dugaan pelanggaran administrasi Pemilu tersebut, semua terkait dengan dugaan pemindahan perolehan suara dari satu Partai ke Partai lain atau pemindahan suara dari internal Partai yakni dari Caleg satu ke Caleg lain.

Empat perkara yang disidangkan Bawaslu merupakan hasil dari gugatan Partai Hanura, Partai Demokrat, PBB dan Partai Amanat Nasional.

Partai Demokrat dan PBB melaporkan dugaan pemindahan suara Caleg atau suara Partai ke Partai lain. Sementara PAN dan Hanura menggugat dugaan pemindahan suara Caleg internal Partai.

“Hampir satu minggu kami menyidangkan empat perkara duagaan pelanggaran Administrasi Pemilu. Berdasarkan empat Laporan, diantaranya Partai Demokrat, PBB, PAN dari Kecamatan Leihitu dan Hanura dari Kecamatan Salahutu. Keempat laporan itu terkait dengan dugaan pemindahan suara caleg dan partai sehingga merugikan caleg dan partai lain,” kata Abdul Sukur Amahoru, Kepala Devisi Hukum Bawaslu Malteng, saat dihubungi Liputan.co.id, Jum’at 24 Mei 2019.

Sidang yang telah dilakukan kata Amahoru, adalah menggali keterangan saksi dan memastikan bukti tambahan. Dikatakan selasa pekan depan, Bawaslu akan mengeluarkan kesimpulan terhadap kasus dugaan pemindahan suara antar Caleg dari Partai Hanura.

“Tadi malam kami lakukan sidang dengan agenda pembuktian pemindahan suara Caleg internal Partai Hanura dengan pemeriksaan saksi dan alat bukti tambahan. Dan Hari Selasa Pekan depan kami keluarkan kesimpulan soal gugatan Hanura,” terangnya.

Sementara untuk sidang lanjutan gugatan tiga partai Kata Amahoru, akan dilakukan pada senin pekan depan. “Sidang lanjutan yakni pemeriksaan saksi dan barang bukti terkait gugatan PBB, Demokrat dan PAN akan dilakukan senin pekan depan,” tutupnya.

Komentar

Loading...