oleh

Bupati Tuasikal Buka Pasar Murah dan Operasi Pasar Di Masohi

-NEWS-11 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tengah, gelar pasar murah, Kamis 25 Mei 2019.

Pasar murah kalini ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya selain pasar murah disaat yang sama, pasar murah diselingi dengan operasi pasar yakni penjualan minyak tanah murah yang sudah disubsidi Pemda Malteng.

Pasar murah yang difokuskan Di Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah, tepat di Terminal Binaiya itu berlangsung selama dua hari dan secara resmi dibuka langsung Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.

Pasar murah tersebut merupakan pasar murah kedua kali yang digelar jelang Hari Raya Umat Muslim. Sebelumnya pasar murah pertama digelar di Kecamatan Seram Utara beberapa waktu yang lalu.

Ada 3500 ribu kupon yang disiapkan penyelenggara. 3500 kupon tersebut untuk 10 bahan pokok. Kupon tersebut merupakan penanda subsidi pembelian kebutuhan bahan pokok.

Bupati Tuasikal Abua bersama Wakil Bupati Marlatu Leleury mengecek produk yang dipasarkan dalam gelaran pasar murah. (Photo Kayum Ely/Liputan
co.id)

Jenis bahan pokok yang diberikan subsidi harga yakni Beras Kualitas baik Rp. 22.000 / 2 kg, gula pasir Rp. 11.000 /kg, Susu Kental Manis Rp. 8.000 /1 kaleng, Terigu ( Kemasan) Rp. 8.000 /kg, Coca-cola/Sprite fanta Rp. 14.000 / botol, Mentega Blue Band 1/4, Rp. 20.000 / 2 Cup, Telur Ayam Ras Rp.15.000 / 10 butir, Minyak Bimoli Rp.14.000 /liter, lemon ABC / botol Rp.15.000.

Sementara untuk harga minyak tanah yang dijual yakni per Lima Liter seharga Rp16.000. Harga tersebut tentu sangat berbeda dengan harga minyak tanah yang dipasarkan dimana harga lima liter minyak tanah dijual ada yang 20 ribu hingga 23 ribu rupiah.

Bupati Tuasikal menjelaskan program pasar murah selain karena sudah diprogramkan tiap tahun namun lebih dari pada itu, Bupati dua periode tersebut mengatakan, pasar murah sebagai akibat meningkatnya kebutuhan terhadap barang sedangkan persediaannya terbatas terutama jelang hari raya.

“Untuk mengantisipasi melonjaknya kenaikan harga barang menjelang hari raya ldul Fitri dalam tahun ini, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bekerja sama dengan para pedagang yang ada di Kota Masohi ini, berusaha menyediakan sembilan bahan pokok dengan harga yang relatih murah dan terjangkau,” tandas Tuasikal.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan memberi kemudahan bagi pembeli yang mungkin dihimpit kesulitan ekonomi dalam memenuhi sebagian kebutuhan pokok keluarga untuk beberapa hari ke depan menjelang lebaran.

“Untuk kepentingan itu, kepada para pembeli perlu saya ingatkan bahwa sembilan bahan pokok yang dijual para pedagang dalam kegiatan ini, tergolong lebih sedikit dibanding dengan kebutuhan minimal masyarakat menjelang lebaran. Namun, saya berharap momentum ini dapat dipahami sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam mengurangi dan mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi masyarakat,” harapnya.

Komentar

Loading...