oleh

Penyebrangan Ferry Hunimua-Masohi Kembali Aktif Namun …

-NEWS-137 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-PLT Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah, Kace Pattiasina dihubungi Liputan.co.id via telepon Jum’at 10 Mei 2019 membenarkan rencana diaktifkanya ferry penyebrangan Hunimua-Masohi dalam waktu dekat. “Tanggal 17 Mei ini Kapal Ferry Dolosi yang menyebrangi Hunimua-Masohi kembali diaktifkan,” Kata Pattiasina.

Meski diaktifkan kembali Ferry penyebrangan Masohi-Hunimua pada tanggal 17 Mei nanti, jadwal penyebrangan tidak berjalan ful satu pekan. Dalam sepekan Kapal Ferry Dolosi hanya melayani tiga kali penyebrangan yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu.

“Jadwal operasi Ferry Hanya tiga kali dalam sepekan. Nantinya jum’at pekan depan kapal Dolosi sudah beroperasi, jadwalnya jam 2 siang dari Hunimua-Masohi. Dan pada sabtu jam 8 Pagi, Ferry menyebrang dari Masohi-Hunimua dan begitupun pada minggu pagi Ferry Dolosi menyebrangi Hunimua-Masohi,” jelas Pattiasina.

Untuk tarif angkutan kata Pattiasina akan ada peningkatan khusus kendaraan roda dua. Namun hal itu masih dikonsultasikan dengan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua. “Ini saya rencana mau konsultasi dengan pa Bupati karena ada peningkatan tarif kendaraan roda dua,” tandasnya.

Sebelumnya Penyebrangan Ferry Hunimua-Masohi pertamakali aktif pada tahun 2018 lalu. Namun ada sejumlah hal sehingga penyebrangan tidak jalan hingga saat ini. Pattiasina menjelaskan konsep mengaktifkan kembali penyebrangan Ferry tersebut sudah dilakukan Pemerintah Maluku Tengah dengan mensubsidikan ASDP. Namun rencana tersebut belum jalan karena Pemda Maluku Tengah belum ada kesiapan.

Alasan saat ini Pemda berusaha untuk meyakinkan ASDP mengaktifkan Ferry, lantaran persoalan bentrok Hualoi-Lattu yang berujung pada pemblokiran jalan trans seram yang berakibat distribusi logistik ke Masohi Maluku Tengah lumpuh. “Memang salah satu alasan kami meyakinkan ASDP karena masalah Hualoi-Lattu. Dan dengan Aktifnya Ferry Masohi-Hunimua tak terlepas dari campur tangan Pemerintah Provinsi,” tutupnya.

Komentar

Loading...