oleh

Sesuai Edaran KPU, Rekap Hasil Pemilu Tingkat PPK SeMalteng Lewati Batas Waktu

-NEWS-48 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Hingga tanggal 2 Mei 2019, baru 11 dari 18 PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) di Kabupaten Malteng, telah menyelesaikan Rekap (Pleno) Hasil Pemilu 2019. Sedangkan sesuai dengan edaran KPU nomor 653, bagi PPK yang jumlah TPSnya dibawa 200, penyelesaian Pleno harus selesai paling lambat lima hari setelah pemungutan suara dan PPK yang jumlah TPSnya diatas 200 sampai 400 batas pleno hasil pemilu paling lambat 10 hari setelah pemungutan suara.

Dengan merujuk pada edaran KPU dan kondisi ril di Malteng, batas pleno PPK sudah melewati waktu yang telah ditegaskan dalam edaran KPU tersebut. Ketua KPU Malteng, Abdul Samad Ningkeula, saat dikonfirmasi, mengakui berdasarkan surat edaran, pleno ditingkat PPK telah melewati batas waktu. “Seharusnya untuk 17 Kecamatan selain dari Kecamatan Leihitu, itu pleno tingkat PPK sudah selesai tanggal 22 April lalu dan untuk Kecamatan Leihitu harusnya sudah tanggal 27 April,” kata Ningkeula saat dikonfirmasi Liputan.co.id, di Kantor KPU Malteng jalan R.A Kartini Kota Masohi, Kamis 2 Mei 2019.

Hingga saat ini kata Ningkeula, PPK yang telah menyelesaikan rekap hasil pemilu baru 11 PPK.
“Baru 11 yang telah selesai pleno. Dan sisa 7 yang sedang diusahakan,” tandasnya.

Diakui, selama jalannya pleno hasil pemilu ditingkat PPK, masalah yang diahadapi adalah banyaknya permintaan saksi untuk menghitung kembali C1 KWK dan C1 Hologram. “Hampir keseluruhan PPK yang menjalankan pleno hingga saat ini, banyak keberatan saksi. dimana, mereka berkebaratan soal selisih angka. Namun itu sudah ditindaklanjuti oleh PPK.” Tukas Ningkeula.

Untuk diketahui, berdasar data dari KPU Malteng, sebelas PPK yang telah selesaikan pleno diantaranya Kecamatan Teluk Elpaputih, Seram Utara Kobi, Nusalaut, Seram Utara Seti, Saparua, Telutih, Banda, TNS, Saparua Timur, Seram Utara Barat dan Leihitu Barat.

Dan tujuh PPK yang hingga saat ini sedang laksanakan pleno diantaranya Kecamatan Leihitu, Kota Masohi, Amahai, Salahutu, Seram Utara, Pulau Haruku dan Tehoru.

Komentar

Loading...