oleh

Apresiasi, Tim Penilai PPD 2019: FGD Terpanjang Hanya Di Malteng

-NEWS-5 views

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Senin 8 April 2019, Tim penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) atau yang sebelumnya dikenal Pangripta Nusantara, sambangi Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) untuk gelar Focus Group Discussion (FGD).

FGD yang digelar Tim penilai PPD tahap lima, dipimpin DR. Dedi M. Masykur Riyadi dan DR. Alex Octavianus dan didampingi Kepala Bapplitbangda Malteng, DR. Rakib Sahubawa.

Loading...

FGD yang digelar Tim PPD di Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu, berpusat di Lantai III Kantor Bapplitbangda Malteng.

Diskusi diikuti sejumlah pimpinam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder. Berlangsung selama lima jam lebih. Yang dimulai dari pukul 09:00 Wit dan berakhir pukul 14:00 wit.

Konsep diskusi yang digelar tim penilai PPD, hanya mendegar dan memastikan keselarasan penyampaian OPD dan Stakeholder dengan konsep pembangunan yang pernah dipaparkan tim perencanaan daerah Malteng dalam beberapa tahap penilaian PPD 2019 sebelumnya di Jakarta.

Dalam lima jam diskusi berlangsung, Doktor Alex Octavianus, mengapresiasi partisipasi aktif dari peserta diskusi.

Bahkan menurut Alex, selama pihaknya keliling daerah untuk menggelar FGD dalam rangka penilaian PPD, baru kali ini ia merasakan diskusi paling panjang atau terlama. Ia menilainya dari sisi positif. Dimana menurutnya, semakin banyak informasi yang didapatkan dalam FGD itu menunjukan bahwa ada tingkat partisipatif aktif sejumlah pihak dalam mensuksekan program pembangunan di suatu daerah.

“Baru kali ini diksusinya panjang. Selama saya pengalaman gelar FGD sebagai tim penilai di berbagai kabupaten kota ini yang terpanjang dan ini bagus menurut kami,” kata Alex.

Dikatakan, apa yang telah disampaikan peserta telah membantu pihaknya untuk menilai Kabupaten Maluku Tengah, apakah akan masuk dalam tiga besar atau tidak. “Saya apresiasi informasi dan masukan bapak ibu. Tentu dengan jalannya diskusi ini telah beri kami gambaran bahwa memang dalam perencanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah, mengarah pada kesesuaian,” ujar Alex.

Sebelumnya Bupati Tuasikal yang membuka langsung FGD tersebut, mersa bersyukur karena lewat kerja keras yang berkesinambungan, Maluku Tengah dibawa kepemimpinannya, dua kali masuk sebagai perencana terbaik tingkat Nasional. Penghargaan pertama Malteng bertenger pada posisi lima peroleh PPD. Untuk menyabet penghargaan kedua, saat ini, Malteng, bersaing dalam zona finalis 10 besar Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah lulus seleksi tahap IV menjadi salah satu dari 10 Kabupaten finalis Penerima Pangripta Nusantara, dan akan mengikuti seleksi tahap V Pangripta Nusantara Tahun 20l9. Kita patut berbangga diri, karena dari 10 Kabupaten Finalis Pangripta Nusantara, Kabupaten Maluku Tengah bukah hanya mewakili Provinsi Maluku pada ajang Nasional, namun Kabupaten Maluku Tengah mewakili Indonesia bagian Timur Indonesia,” tutupnya.

Untuk diketahui, Tim PPD dari pusat, yang menyambangi Maluku Tengah untuk memverifikasi penilaian PPD 2019 tahap V, adalah DR. Dedi M. Masykur Riyadi, DR. Alex Octavianus, lka Widyawati, S.Si dan MS Fahmi Rohman Bimantoro.

Komentar