LIPUTAN MALTENG

News

Saleh Thio Akui Teken Lima SKP Pejabat ASN Malteng

Muhammad Saleh Thio saat beri materi permendikbut dan Pos Ujian Masional beberapa waktu lalu di Masohi. (Dok Liputan)

MASOHI, LIPUTAN.CO.ID-Mantan Pelaksana Tugas Bupati Maluku Tengah, Muhammad Saleh Thio, membantah isu adanya pemalsuan dokumen Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang pernah ia teken kala menjabat PLT Bupati Malteng tiga Tahun silam.

Sebaliknya, Saleh yang saat ini menjabat Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Maluku itu, mengakui bahwa, ia yang menandatangani SKP untuk lima Pejabat ASN Pemkab Maluku Tengah, yang kini sedang mengikuti seleksi terbuka Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Maluku Tengah.

Bukan hanya menandatangani satu SKP Pejabat ASN Malteng yakni Aidjarang Wattihelu sebagaimana isu berseleweran di Facebook.

Mereka berlima yang diteken SKPnya diantaranya Doktor Rakib Sahubawa Kepala Baplitbangda Malteng, Abdul Latif Ohorella Kepala Inspektorat Malteng, Doktor Aidjarang Wattihelu, Asisten III Setda Malteng.

Dan Drs. Ronald Johusua Hetharia Kepala Dinas Ketahanan Pangan Malteng serta Drs. Ahmad Namakule Kepala Dinas PMNPPA Malteng.

“Tidak benar kalau saya hanya tanda tangan satu orang punya SKP. Justru mereka berlima (Calon Sekda Malteng) SKPnya saya tandatangan,” tandas Saleh Thio, saat dihubungi Liputan.co.id, Via Telepon WhatsApp, Rabu 20 Maret 2019.

Dokumen SKP merupakan salah satu syarat Administrasi yang harus dikantongi ASN jika mengikuti seleksi jabatan Sekretaris Daerah.

Saleh juga mengatakan, Ia tidak ada urusan sama proses seleksi Sekda Malteng. Dan tidak pernah keluarkan statmen soal SKP tersebut. Ia mengaku baru tahu namanya dibawa-bawa saat Komisi ASN minta klarifikasi soal dokumen SKP yang pernah diteken oleh dia. “Saya tidak ada urusan soal itu (Seleksi Sekda). Saya hanya memastikan saja bahwa benar saya yang tanda tangan lima SKP,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala BKPSDM Malteng Siti Soumena mengakui KASN belum menerbitkan rekomendasi hasil seleksi Sekda Malteng karena ada laporan masuk di KASN. Terkait salah satunya soal informasi adanya pemalsuan dokumen SKP.

“Masalah itu sudah klir. KASN sudah turun meminta keterangan pihak terkait. Salah satunya pa Saleh. Pak (Saleh) mantan plt bupati sdh melihat/meneliti skp 4 calon sekda, dan semuanya asli tdk ada yg dijiplak,” kata Soumena lewat pesan WhatsApp, Rabu 20 Maret 209.

Seperti diketahui beberapa hari belakangan ini, ramai dimedsos bahwa ada dugaan dokumen SKP palsu atas nama Rakib Sahubawa, Latif Ohorella, Ronald Heataria dan Ahmad Namakule yang dilampirkan sebagai dokumen administrasi syarat calon sekda yang diajukan oleh Panitia Seleksi Sekda Malteng ke KASN.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

To Top