LIPUTAN MALTENG

Ragam

Bapplitbangda Malteng Gelar Forum Gabungan OPD dan KP

Dok Liputan.co.id

MALTENG LIPUTAN.CO.ID-Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pagi tadi, Sabtu 16 Maret 2019, resmi gelar Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Konsultasi Publik (KP).

Forum Gabungan OPD dan Konsultasi Publik yang dipusatkan di Kantor Bapplitbangda Malteng itu, merupakan langkah awal dari penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun Anggaran 2020.

Peserta Forum OPD dan KP. (Foto Liputan.co.id)

Diantaranya menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD tingkat Kecamatan.

Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

Menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah daIam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

“Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah,” papar Haris Bandjar, Panitia Penyelenggara Forum Gabungan OPD.

Sementara itu, Penjabat Sekda Malteng DR. Rakib Sahubawa, mewakili Bupati Malteng, Tuasikal Abua, saat buka acara tersebut mengingatkan bahwa, RKPD Tahun 2020 yang akan disusun, merupakan pelaksanaan tahun ketiga kepemimpinan daerah atau Penengahan periode pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017-2022.

Penjabat Sekda Malteng, DR. Rakib Sahubawa, saat buka Forum OPD dan KP. (Foto Liputan.co.id).

Sehingga dikatakan, sebagai pelaksanaan tahun ketiga, RKPD 2020 memiliki posisi strategis.

“Karena penyusunannya dilaksanakan dengan mengacu kepada RPJMD Tahun 2017-2022, dengan program kegiatan pembangunan yang tertuang dalam RKPD Tahun 2020 merupakan seperangkat upaya dalam pencapaian target akhir RPJMD 2017-2022,” tandas Sahubawa.

Dikatakan, tema pembangunan pada tahun 2020 adalah Masohi Menuju Cita, Maluku Tengah yang lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara melalui pembangunan berkelanjutan.

“Difokuskan dalam tiga aspek pembangunan yakni aspek tata kelola Pemerintahan dan pelayanan Publik, aspek peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan aspek peningkatan daya saing Daerah,” tukasnya.

Oleh karena itu, Forum gabungan yang dilaksanakan selama tiga hari itu, diberharapkan agar setiap OPD memperhatikan pencapaian indikator kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kab. Malteng, berupa target kinerja sebagai dasar dalam penentuan prioritas pembangunan pada tahun 2020, dengan memperhatikan kondisi dan kemampuan daerah serta mengacu pada prioritas pembangunan provinsi maupun nasional.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

To Top