oleh

Kodim 1502/Masohi, Resmi Gelar TMMD ke 102 di Tehoru

-NEWS-54 views

Malteng, Liputan.co.id-Operasi bhakti TNI Masuk Desa atau disebut sebagai program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 yang digelar Kodim 1502/Masohi, resmi dibuka, Selasa 10 Juli 2018.

Kegiatan yang digelar selama 30 hari itu, Sebanyak 5 desa sasaran tersebar di Kecamatan Tehoru Maluku Tengah (Malteng) akan tersentuh program TMMD.

Lima desa yang dimaksud diantaranya Desa Sounolu, Desa Yaputih, Desa Hatumeten, Desa Moso dan Desa Teluti Baru.

Setidaknya ada 38 kegiatan fisik yang akan dikerjakan dari program TMMD tahun anggaran 2018. mulai dari pembangunan talud, rehab 2 unit rumah layak huni, pembangunan 12 unit bantuan rumah masyarakat, pembangunan 18 unit septik tank komunal, melanjutkan pembangunan tiga kantor Negeri.

Pembangunan pagar beton Mesjid dan pemasangan pintu Mesjid, pembangunan Aula TPQ Mesjid serta pembangunan Toreng Gereja.

Tidak hanya kegiatan fisik yang dilaksanakan. Program empat tahunan sekali tersebut juga menyajikan sejumlah kegitan non fisik. Seperti penyuluhan KB dan kesehatan, pelayanan pengobatan dan KB keliling. ada juga penyuluhan tentang jambanisasi atau sanitasi lingkungan, penyuluhan cara beternak kambing, penyuluhan cara pembuatan pupuk.

Kegiatan penyuluhan bidang kesadaran berbangsa dan bernegara juga akan dilaksanakan.

Untuk diketahui, warga akan bergotong royong dalam kegiatan TMMD dibantu  150 personil terdiri dari 64 personil Kodim 1502/Masohi, 30 personil dari Yonif 731 Kabaresi, 10 orang anggota Polres Malteng, 6 orang anggota FKPPI dan 40 orang posko satgas dan tim asistensi turut dikerahkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

“Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah serta masyarakat Kabupaten Maluku Tengah, saya mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan TNI beserta seluruh jajarannya yang telah memprogramkan pelaksanaan TMMD ke-102 di Kecamatan Tehoru ini,” ujar Wem Istia Asisten satu Setda Malteng saat membacakan sambutan Bupati Maluku Tengah dalam acara pembukaan TMMD pagi tadi di Negeri Yaputih.

Dikatakan pelaksanaan kegiatan TMMD sangat bermakna bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Tehoru khususnya, maupun bagi semua Masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah mengingat dampak dan manfaatnya akan langsung dinikmati oleh masyarakat.

“Program TMMD ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah karena seluruhnya diarahkan dan bermuara pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandas Tuasikal.

Tuasikal juga mengatakan, melalui kegiatan ini menunjukkan bahwa kehadiran TNI bersama dengan rakyat dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di wilayah ini, untuk kepentingan rakyat.

Penyerahan secara simbolis peralatan kerja oleh Wem Istia kepada Satgas TMMD.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi Letkol Inf Hari Sandhi Chrishandoko, mengapresiasi antusiasnya warga kecamatan tehoru dalam menyambut kegiatan TMMD.

“Trimakasih buat masyarakat Tehoru khusunya desa yaputih, kalian telah beri kesan bagi kami. suatu gebanggaan pribadi dan stakeholder karena disambut meriah dengan ritual budaya adat Negeri Yaputih,” ujar Chrishandoko.

“Bukan hanya TNI, Polres juga turut membantu TMMD yang digelar empat tahun sekali. Kegiatan ini bertujuan ciptakan sinergitas TNI-Polri dan msyarakat membangun desa, ini budaya gotong royong yang kami lakukan untuk rakyat,” tambahnya.

Komentar

Loading...