oleh

Star Musrembang Desa di Maluku Tengah Tahun 2018

Malteng Liputan.co.id-Negeri-negeri pada beberapa kecamatan Pelaksanaan di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) saat ini mulai menggelar Musrembang.

Musyawara Rencangan Pembangunan tingkat Desa atau Negeri itu tercatat di gelar hampir di seluruh kecamatan yang ada di malteng. Satu diantaranya di kecamatan Amahei.tercatat dua negeri di kecamatan yang di pimpin Korneles Lekatompessy itu telah melaksanakan musyawarah masyarakat untuk merancang rencana Pembangunan di wilayahnya. Negeri negeri itu, masing masing Makariki dan Rutah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Negeri dan Perlindungan Anak dan Perempuan (DPMPN-PPA) Malteng, Ahmad Namakule mengungkapkan bahwa saat ini adalah waktu di laksanakannya Musrembangdes.

“memang saat ini adalah masa di laksanakannya Musrembang di tingkat Pemerintah Negeri atau Desa. Jadi sudah kami instruksikan kepada seluruh kepala Pemerintah negeri untuk segerah menggelar Musrembangdes itu”sebut Namakule kepada Media di masohi, Sabtu (2/2).

Dia menyebutkan bahwa batas waktu pelaksanaan Musrembangdes sudah mesti di selesaikan sampai dengan akhir februari mendatang. Olehnya sambung Namakule seluruh negeri di malteng harus segerah menggelar musyawarah Rencana Pembangunan di negeri mereka maaing masing.

“kita harap seluruh negeri dapat menyelesaikan musrembang.sebab paling lambat awal maret nanti
musrembang kecamatan sudah mesti dilaksanakan”Jelasnya.

Pelaksanaan Musrembang tingkat negeri atau desa itu Lanjut Dia mestinya sudah harus di selesaikan sampai dengan 30 januari lalu. Sebab hal ini penting untuk di bahas secara bertahap hingga ke tingkat Nasional. Namun demikian Dia optimis batas waktu pertengan bulan ini kegiatan itu sudah bisa di pastikan rampung.

Terpisah PLT Kepala Pemerintah negeri Rutah Abdullah Lewenussa menjelaskan bahwa musrembang desa di negeri yang di pimpinnya itu telah selesai di laksanakan pada Sabtu 30 Januari 2018.

“kita sudah selesai Musrembang Sabtu kemarin di Rutah. Seluruh kegiatannya berjalan lancar dan kamii siap mendorong hasil musyawarah itu ke tingkat Kecamatan nanti”Ujarnya.

Diakuinya bahwa musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan itu, di laksanakan untuk memenuhi petunjuk deatline waktu Pemkab Malteng melalui Dinas PMPN-PPA.

Musrembang Negeri Rutah Kata Lewenussa menghasilkan keputusan bersama masyarakat tentan beberapa program unggulan. Salah satunya adalah program pengembangan pembibitan Cengke dan Pala serta Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di berbagai sektor.

“Rencana pembangunan yang kemarin kita putuskan dalam musyawarah itu memang ada beberapa yang menurut kami penting. Diantaranya pengembangan bibit cengkeh dan pala serta memperbanyak program pemberdayaan masyarakat”ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa lewat Musrenbang diharapkan dapat di padukan antara program unggulan Bupati dengan program yang di sampaikan Masyarakat.

“kami harapkan program pembangunan negeri Rutah bisa menjadi pegangan yang nantinya akan menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah dan menjadi program APB Negeri Rutah”ujarnya.

Lewenussa mengaku bersama dengan Ketua dan Anggota saniri Negeri Rutah akan mengawal dan mengawasi hasil Musrenbang itu, sampai ke tingkat kabupaten. sehingga, apa yang menjadi kesepakatan bersama dengan masyarakat itu dapat terjawab.

Loading...
loading...

Komentar